Waspada Penyakit Dari Toilet Kotor

Waspada Penyakit Dari Toilet Kotor

Jasa Sedot Wc Bintaro Terbaik – Virus, bakteri dan kuman menjadi alasan mengapa toilet harus dijaga kebersihannya. Mengingat toilet sebagai tempat untuk buang air kecil dan buang air besar maka wajar wajar saja jika toilet menjadi sarang penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri yang berasal dari kotoran yang dengan mudah berkembang biak di dalam toilet, terutama untuk toilet toilet yang tidak dijaga kebersihannya.

Ancaman yang diberikan  oleh bakteri dan kuman yang berada di dalam toilet tidak bisa diabaikan karena akan berdampak serius pada kesehatan. Berikut ini ada beberapa jenis penyakit yang berasal dari bakteri dan kuman.

  • Demam Tifoid

Salah satu penyakit yang harus diwaspadai yang berasal dari dalam toilet adalah demam tifoid. Demam Tifoid disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi dengan gejala seperti mual, muntah, diare, tidak enak badan, nafsu makan menurun, dan ruam.

Penyakit ini biasanya menyebar melalui air sehingga bagi anda yang memiliki akses air bersih yang minim sebaiknya waspada saat menggunakan toilet.

  • Disentri

Disentri dapat disebabkan oleh bakteri Shigella atau parasit Entamoeba histolytica pada usus dengan tanda gejala seperti mual, muntah, demam, dan BAB berdarah. Penyebaran penyakit ini sama seperti Demam Tifoid. Untuk pencegahan penyakit yang satu ini dapat dihindari dengan menanamkan kebiasan baik untuk selalu cuci tangan pada air mengalir menggunakan sabun setiap keluar dari toilet.

  • Hepatitis A

Sedangkan untuk penyakit lain yang dapat disebabkan oleh toilet kotor adalah Hepatitis A. Hepatitis A merupakan penyakit yang berasal dari infeksi virus melalui makanan dan minuman terkontaminasi. Meskipun penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya namun gejala gejala yang diberikannya dapat mengganggu aktivitas sehari hari. 

  • Kolera

Kolera ialah infeksi yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami diare dengan warna yang pucat tampak seperti air cucian beras. Kolera sendiri disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae yang dapat menular melalui air. Jika penyakit ini tidak segera ditangani dapat mengakibatkan dehidrasi yang cukup berat dan bahkan bisa berujung kematian.

Baca juga Menciptakan Toilet Sekolah Ideal

Selain dari penyakit tersebut tentunya masih ada lagi penyakit penyakit lainnya yang disebabkan oleh fasilitas toilet yang kotor. Agar anda bersama keluarga terhindar dari penyakit yang berasal dari dalam toilet yang kotor mari sama sama jaga kesehatan dengan cara.

 

  1. Cuci tangan

Saat anda keluar dari toilet sebaiknya biasakan diri untuk mencuci tangan pada air yang mengalir dan menggunakan sabun, agar kuman dan bakteri yang menempel pada tangan tidak masuk ke dalam tubuh.

 

  1. Bersihkan Toilet Secara Berkala

Agar toilet tidak menjadi sarang virus dan bakteri sebaiknya bersihkan toilet secara berkala dengan menggunakan cairan pembersih toilet dengan extra pembasmi kuman.

 

  1. Maksimalkan Sanitizer

Untuk meminimalkan serang virus dan bakteri di dalam toilet, anda dapat menyediakan fasilitas sanitizer seperti sabun, hand sanitizer, bubuk pembersih toilet dan lain sebagainya.

 

  1. Cukupi Nutrisi

Tidak hanya memperhatikan kebersihan dan kesehatan toilet, anda juga harus memperkuat ketahanan tubuh dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan berserat agar ketahanan tubuh anda dapat meningkat.

 

Itulah beberapa jenis penyakit yang dapat timbul dari toilet yang kotor dan cara meminimalkan penyebaran penyakit.

Mari sama sama kita jaga kesehatan dengan memulai pola hidup sehat yang dimulai dari dalam toilet. Jaga selalu kebersihan toilet anda karena toilet merupakan sumber penyakit terbesar di dalam rumah.