Home Blog Tips Sukses Toilet Training si Kecil pada Malam Hari

Tips Sukses Toilet Training si Kecil pada Malam Hari

0
Tips Sukses Toilet Training si Kecil pada Malam Hari

Jasa Sedot Wc Depok – Sebagian besar para orang tua yang menerapkan toilet training pada anaknya, biasanya akan mengalami kesulitan pada malam hari karena pada dasarnya seorang anak cenderung menunjukan keberhasilannya pada siang hari saja tidak pada malam hari. Untuk para orang tua yang sedang berada di masa tersebut pastinya akan merasa kesulitan dalam menghadapi situasi di malam hari.

Dalam penerapan toilet training, pastinya tujuannya adalah untuk membebaskan anak dalam penggunaan popok dan mampu menggunakan toilet secara mandiri. Berdasarkan tujuan tersebut, pastinya anda tidak mau membiasakan anak dengan menggunakan popok lagi dan termasuk pada malam hari. nah, untuk para orang tua yang merasa kesulitan dalam menghadapi waktu di malam hari sebaiknya sebaiknya anda melakukan beberapa tips berikut untuk mempermudah situasi di malam hari selama penerapan toilet training.

Sebelum memulai proses penerapan toilet training pada malam hari, pastikan terlebih dahulu bahwa anak anda sudah berhasil toilet training pada siang hari, karena jika anak anda sudah berhasil toilet training di siang hari, pastinya mereka sudah mengenal rangsangan atau perasaan saat hendak ingin buang air besar dan buang air kecil.

Setelah hal tersebut sudah dapat anda pastikan benar benar sudah dilalui anak anda maka berikut ini adalah tipsnya

Batasi cairan pada malam hari

Biasakan anak anda untuk tidak terlalu banyak minum air pada malam hari untuk menghindari kemungkinan anak anda mengompol saat ia tertidur. Namun jika anak anda benar benar haus ingin minum air, maka berilah secukupnya saja.

 

Ajak dua kali ke kamar mandi sebelum tidur

Ajaklah anak anda untuk buang air kecil ke toilet 30 menit sebelum jam tidur tiba, dan setelah jam tidur sudah tiba, ajak kembali anak anda untuk buang air kecil yang meskipun ia tidak ingin buang air kecil, karena ini bertujuan untuk mengosongkan kandung kemihnya. 

 

Ingatkan ke kamar mandi saat si Kecil terbangun tengah malam

Ajarkan anak anda untuk selalu pergi ke toilet saat ia terbangun di tengah malam dan jika anda juga ikut terbangun, maka temanilah anak anda untuk pergi ke toilet karena mungkin saja anak anda ingin pergi ke toilet namun merasa takut dengan suasana di malam hari.

 

Lepas popok perlahan

Jika anda merasa khawatir akan hal yang akan anda hadapi saat melepas popok anak anda, maka tidak perlu dilakukan secara tiba tiba, lakukanlah secara perlahan atau di saat anak anda sudah menunjukan tanda tanda popok selalu terlihat kering saat di pagi hari.

Baca juga 5 Hal yang Perlu Remaja Ingat Saat Menggunakan Toilet

Persiapkan untuk hal tak terduga

Meskipun tanda tanda keberhasilan sudah terlihat, namun bukan berarti anak tidak sesekali melakukan kesalahan seperti mengompol saat ia tertidur. Hal tersebut merupakan hal yang sudah biasa terjadi, maka dari itu sebaiknya anda memberikan persiapan untuk menghadapi hal yang tidak terduga tersebut terjadi dengan meletakan perlak karet sebagai alas tempat tidur untuk mencegah ompolnya menembus ke sprei.

Meskipun demikian, bukan berarti dapat menjamin sprei anda akan terjamin aman karena pasti ada masanya dimana anda akan diharuskan untuk mencuci seprai yang terkena ompolnya, apalagi jika anak anda memiliki kebiasan tidur terguling guling, sudah pasti hal tersebut akan anda alami. Jika hal tersebut terjadi, maka ajari dan ingatkan kembali anak anda dengan lembut dan jangan pernah memarahinya karena hal tersebut dapat membuatnya merasa stress dan hanya hanya akan menunda keberhasilan.