Home Blog Tips Desain Toilet Mungil Agar Terasa Lega dan Tidak Sesak

Tips Desain Toilet Mungil Agar Terasa Lega dan Tidak Sesak

0
Tips Desain Toilet Mungil Agar Terasa Lega dan Tidak Sesak

Jasa Sedot Wc Tangerang – Menata ruang mungil seperti toilet tentunya bukanlah hal yang mudah karena keterbatasan tersedianya ruang membatasi kita dalam memasukan beragam peralatan di dalamnya, sementara ruang toilet merupakan ruang yang sangat butuh dengan berbagai macam peralatan seperti tisu, sabun, sikat, alat kebersihan toilet dan lain sebagainya.

Menambahkan berbagai jenis peralatan ke dalam toilet pastinya dapat menyebabkan ruangan terasa sesak dan sempit sehingga kenyamanan dalam menggunakan toilet pun menjadi terganggu. Agar ruangan toilet mungil anda dapat berfungsi secara maksimal dan memiliki beragam jenis peralatan di dalamnya, maka simak beberapa tips berikut ini.

 

  1. Pilih Warna Netral

Jika anda ingin mendesain ruang toilet yang mungil agar terasa lega dan terkesan lebih luas, anda dapat memanfaatkan warna netral untuk menghiasi ruangan. Anda bisa memanfaatkan beberapa warna netral seperti putih, cream, abu abu dan lain sebagainya. Agar ruangan tidak terkesan monoton, anda bisa memanfaatkan keramik berukuran kecil untuk memberikan motif kotak kotak sebagai variasi warna di dalam ruangan. Manfaatkan semen warna untuk menghiasi bagian nat pada keramik agar memberikan kesan ruang yang lebih berwarna, namun pastikan anda tidak terlalu banyak memasukan jenis warna karena dapat menyebabkan kesan yang terlalu ramai dan memberikan kesan yang sesak.

 

  1. Hadirkan Beragam Furniture Multifungsi

Apabila anda ditutut untuk memasukan beberapa furniture di dalam ruang toilet, maka manfaatkan furniture yang multifungsi saja untuk mengurangi penggunaan ruang, seperti rak yang dilengkapi cermin.

 

  1. Manfaatkan Bagian Sudut Ruangan

Agar sudut ruangan di dalam toilet anda tidak terbuang percuma, maka anda dapat memanfaatkan ruang tersbeut untuk meletakan beragam peralatan yang anda butuhkan di dalam toilet. Untuk memanfaatkan bagian sudut, anda bisa menggunakan rak sudut bertingkat.

 

  1. Gunakan Bagian Belakang Pintu

Anda juga bisa memanfaatkan area belakang pintu untuk meletakan beberapa alat kebersihan toilet seperti sikat toilet, sikat lantai, dan beberapa alat kebersihan lainnya. Agar peraltan dapat tertata rapi, anda bisa memanfaatkan rak gantung untuk mewadahi beberapa peralatan kebersihan seperti spons, cairan pembersih lantai dan lain sebagainya.

 

  1. Manfaatkan Toilet Shower

Untuk menghemat penggunaan ruang, anda juga bisa menggunakan kloset shower untuk melengkapi kebutuhan anda di dalam ruang toilet. Menggunakan kloset dengan sistem pembilasan shower tentunya dapat mengurangi penggunaan bak penampungan di dalam toilet sehingga ruang pun dapat terasa lebih lega.

Baca juga Alasan Pintu Toilet Umum Tak Sampai Bawah

  1. Memaksimalkan Akses Cahaya

Ruangan yang gelap pastinya akan memberikan kesan terasa sesak dan sempit, maka dari itu pastikan akses cahaya yang masuk ke dalam ruang toilet lebih maksimal agar ruangan dapat terlihat lebih lapang dan tidak terasa sempit maupun sesak. Memaksimalkan akses cahaya yang masuk juga dapat menekan tingkat kelembaban di dalam toilet sehingga potensi tumbuhnya jamur lebih kecil.

 

  1. Beri Sirkulasi Udara yang Baik

Memiliki ruangan yang sempit dan dipenuhi oleh berbagai macam benda pastinya akan membuat ruangan terasa lebih pengap, maka dari itu memaksimalkan akses sirkulasi udara di dalam toilet anda dengan menempatkan beberapa ventilasi udara di dalam ruangan. Jika memungkinkan, anda bisa membuat lubang ventilasi yang mengarah ke area taman, ini bertujuan agar kualitas udara yang masuk ke dalam ruang toilet terasa lebih segar. Keberadaan ventilasi udara juga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya bau tidak sedap yang mengendap di dalam ruangan.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan dalam mendesain ruang toilet yang mungil agar terasa lebih lapang dan luas. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu anda dalam memaksimalkan fungsi dari ruang toilet yang mungil.