Tips dan Manfaat Lain Toilet Training Bagi Anak

Tips dan Manfaat Lain Toilet Training Bagi Anak

Jasa Sedot Wc Tangerang Selatan Profesional – Toilet training atau yang biasa dikenal dengan pembelajaran toilet merupakan salah satu hal yang harus para orang tua terapkan pada anak saat mulai memasuki usia 2 tahun. Memang terlihat sepele namun toilet training sangatlah penting bagi anak, karena saat memasuki usia 3 tahun, anda anda seharusnya sudah tidak menggunakan popok lagi, atau dengan kata lain, anak anda sudah cukup baik dalam menggunakan toilet secara mandiri.

Meskipun terdengar sepele, namun toilet training bukan hal yang mudah loh, karena sebagian besar dari beberapa penerapan toilet training sering mengalami kegagalan yang pada akhirnya si anak yang seharusnya sudah bebas popok, masih saja menggunakan popok. Agar anda tidak gagal dalam penerapan toilet training, maka sebaiknya simak tahapan dan tips dari penerapan toilet training, agar berhasil.

 

1. Jadikan Kebiasaan Rutin

Mengajak anak agar terbiasa dengan aktivitas toilet, merupakan langkah awal yang dapat orang tua ambil. Ajaklah anak anda satu 2 – 3 jam sekali ke dalam toilet untuk melakukan BAB ataupun BAK, yang meskipun tidak menuai hasil secara langsung, cara ini cukup efektif dalam mengajarkan anak akan tujuan memasuki toilet.

 

2. Jadikan Pelajaran Menjadi Lebih Seru

Saat anak anda sudah mulai merasa bosan dengan penerapan toilet training, maka anda dapat mengajak memulai belajar menggunakan toilet dengan seru, misalkan dengan menyediakan peralatan toilet seperti petty seat yang menarik dan lucu, agar membuat si anak merasa senang duduk di atas toilet.

 

3.Ingatkan Anak Sesering Mungkin

Ketika anak anda sudah mulai memahami maksud dan tujuan dari toilet training, maka jangan lupa ingatkan anak anda sesering mungkin, untuk melaporkan kepada anda jika ingin Buang Air Besar ataupun Buang Air Kecil. Cara tersebut memang terlihat sepele tapi cukup efektif dalam menunjang keberhasilan toilet training.

Dari ketiga hal tersebut merupakan hal yang paling penting dalam penerapan toilet training yang jangan sampai anda lupakan ya, karena jika anda melupakannya, maka keberhasilan toilet training akan menjadi tertunda.

Tidak hanya dapat membantu anak anda menjadi lebih mandiri, ternyata toilet training juga memiliki manfaat lainnya loh, seperti

Baca juga 4 Desain Kamar Mandi dan Toilet Minimalis yang Mudah Dibersihkan

 

Mengasah Kemandirian Anak

Melalui tahapan penerapan toilet training, secara tidak langsung kita sudah membantu anak untuk tumbuh menjadi lebih mandiri dalam berbagai hal, mulai dari menggunakan toilet dengan sendiri, membiasakan diri membersihkan tubuh dengan mandiri, menjaga pola hidup sehat dengan mandiri dan lain sebagainya.

 

Belajar Bertanggung Jawab Terhadap Dirinya

Melalui penerapan toilet training, anda juga dapat membantu anak anda menjadi merasa bertanggung jawab terhadap dirinya, mulai dari membersihkan toilet, membersihkan area tubuh, menjaga kebersihan toilet, mengisi bak penampungan dan lain sebagainya. Rasa tanggung jawab tersebut akan hadir dengan sendirinya, seiring berjalannya tahapan penerapan toilet training.

 

Memupuk Rasa Percaya Diri

Saat penerapan toilet training, biasanya anak akan tiba masa dimana ia ingin mencoba beberapa hal dengan sendirinya, seperti duduk di toilet sendiri, membilas toilet sendiri, dan lain sebagainya. Jika anak anda ingin melakukan berbagai hal dengan sendiri, maka berilah dia kesempatan untuk mencobanya, jika anak merasa kesulitan dan melakukan kesalahan, maka bantulah dia agar menjadi lebih mudah dalam melakukan hal tersebut.

Pastikan bahwa anda tidak melakukan hal yang salah ya, agar keberhasilan toilet training dapat sesuai dengan harapan. Jika anak melakukan kesalahan maka beri terus dukungan dan semangat agar anak mau mencoba terus dan terus hingga menuai hasil yang sempurna.