Tips Aman Menggunakan Toilet Jongkok Untuk Ibu Hamil

Tips Aman Menggunakan Toilet Jongkok Untuk Ibu Hamil

Jasa Sedot Wc Bintaro Terbaik – Beberapa ibu hamil kadang bertanya Tanya apakah menggunakan toilet jongkok untuk ibu hamil itu aman.? Tidak perlu khawatir karena menggunakan kloset jongkok saat hamil itu aman asalkan anda mengikuti beberapa prosedur yang dianjurkan oleh para dokter.

Meskipun demikian, bumil juga harus tetap waspada ya karena toilet yang licin dapat mengakibatkan bumil terpeleset jika tidak berhati hati saat menggunakannya. Lalu bagaimana tips aman menggunakan kloset jongkok selama hamil.? Sebelum kita membahas bagaimana cara aman menggunakan toilet jongkok untuk bumil, ada baiknya jika kita pahami dulu apa saja manfaat menggunakan toilet jongkok bagi bumil.

Berdasarkan ahli kesehatan yang menganjurkan toilet jongkok sebagai toilet pilihan untuk digunakan ibu hamil tentunya karena toilet jongkok dapat memberikan banyak keuntungan untuk para bumil, salah satunya seperti

  1. Buang air besar dengan posisi jongkok dapat membuat bumil menjadi lebih mudah untuk mengejan dibandingkan dengan buang air besar dengan posisi duduk yang membutuhkan tenaga lebih besar saat mengejan. Buang air besar dengan posisi jongkok dapat membantu bumil untuk terhindari dari konstipasi dan wasir.
  2. Buang air besar dengan posisi jongkok dapat menjaga otot panggul tidak terlalu renggang sehingga tidak akan menekan kandung kemih dan Rahim.
  3. Buang air besar dengan cara jongkok juga dapat melatih otot perut dan paha sehingga bumil akan lebih siap saat menghadapi proses persalinan nanti.
  4. Posisi jongkok dapat mengurangi tekanan pada Rahim saat melakukan buang air besar.
  5. Saat persalinan biasanya bumil akan dianjurkan untuk sedikit menjongkok karena dapat membantu panggul untuk terbuka dan dapat mempermudah bayi keluar. Nah dengan menggunakan kloset jongkok, bunda sudah melatih diri dan dapat merasa terbiasa saat proses persalinan nanti.

Baca juga Mana Yang Lebih Sehat, Toilet Jongkok Atau Toilet Duduk

 

Agar penggunaan toilet jongkok tetap aman untuk bumil sebaiknya selalu waspada dan berhati hati saat hendak memasuki ruang toilet. Pastikan menggunakan alat kaki yang tidak licin untuk meminimalkan kemungkinan hal hal yang tidak diinginkan terjadi. Berikut ini beberapa tips aman untuk bumil yang ingin menggunakan toilet jongkok selama kehamilan.

  1. Pastikan bumil menggunakan alas kaki yang tidak licin
  2. Pastikan bahwa lantai lantai toilet tidak dalam keadaan yang licin untuk menghindari kemungkinan bunda terpeleset.
  3. Berpeganglah pada dinding dinding toilet untuk menjaga keseimbangan saat berjalan di dalam toilet
  4. Jangan terlalu menggunakan tenaga saat mengejan.
  5. Jongkoklah secara perlahan agar posisi badan dapat terjaga keseimbangannya. Sebelum menjongkok pastikan bahwa kedua kaki sudah seimbang dan berpijak dengan kuat pada kedua sisi kloset.
  6. Bumil biasanya cenderung merasa pusing saat hendak berdiri secara tiba tiba, maka dari itu untuk bumil yang terutama sudah memiliki usia kehamilan yang cukup besar sebaiknya berdirilah secara perlahan.
  7. Selalu jaga kebersihan dan cucilah tangan pakai sabun dan air mengalir saat keluar dari toilet demi menghindari kemungkinan kuman kuman yang menempel pada tangan secara tidak sengaja.

Jika bumil ingin mendapatkan manfaat dari kloset jongkok, namun di rumah hanya ada kloset duduk.? Tidak perlu khawatir karena bumil dapat menggunakan bangku sebagai alat bantu agar bumil dapat menggunakan kloset duduk dengan manfaat yang sama dengan kloset jongkok.

Itulah beberapa tips aman untuk bumil yang ingin menggunakan kloset jongkok dengan cara aman dan selalu ingat jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan karena kebersihan adalah hal yang paling penting untuk bumil untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari serangan penyakit selama hamil.