Home Blog Syarat dan Ciri Toilet Bersih dan Sehat di Rumah

Syarat dan Ciri Toilet Bersih dan Sehat di Rumah

0
Syarat dan Ciri Toilet Bersih dan Sehat di Rumah

Jasa Sedot Wc Depok – Sebagai tempat untuk beristirahat dan menghabiskan banyak waktu, rumah menjadi hal yang utama yang harus diperhatikan dalam hal kebersihan dan kesehatannya. Segala sudut bagian ruangan di dalam rumah tidak boleh luput dari perhatian dan termasuk dalam toilet sekalipun.

Seperti yang sama sama kita ketahui bahwa ruangan toilet merupakan ruangan yang tidak boleh diabaikan kebersihannya. Di dalam ruangan toilet yang kotor pastinya tersimpan beribu macam kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit penyakit yang berakibatkan fatal. Membersihkan toilet secara berkala memang cukup ampuh dalam menjaga kebersihan toilet, namun untuk menjaga kesehatan di dalam toilet, bersih saja belum cukup karena bentuk kuman yang terdiri dari partikel halus membuat kita cukup sulit untuk memastikan apakah di dalam toilet terdapat banyak kuman atau tidak.

Meskipun kuman dan bakteri tidak dapat terlihat oleh mata namun kita masih bisa menekan pertumbuhan dan kehadiran kuman di dalam ruang toilet dengan cara memenuhi kriteria toilet sehat. Apa saja ciri ciri dari toilet yang bersih dan sehat di rumah.? Yuk simak penjelasannya sebagai berikut

  1. Ventilasi Udara yang Baik

Banyak orang yang sering mengabaikan keberadaan ventilasi udara di dalam ruang toilet karena dianggap tidaklah penting, yang sebenarnya justru keberadaan ventilasi udara sangat dibutuhkan di dalam toilet karena melalui ventilasi udara, kuman dan bakteri yang mencemari udara dapat keluar dari dalam ruangan melalui sirkulasi udara.

 

  1. Pencahayaan Optimal

Tidak hanya ventilasi udara saja, karena ventilasi cahaya juga wajib tersedia di dalam ruangan toilet. Hadirnya pencahayaan yang optimal di dalam ruangan toilet dapat menekan tingkat kelembaban di dalam toilet sehingga perkembang biakan kuman dan bakteri dapat berkurang.

 

  1. Toilet Kering

Pada dasarnya, toilet terdiri dari 2 jenis yaitu toilet kering dan toilet basah. Kedua jenis toilet tersebut sama sama banyak diminati oleh banyak orang namun jika anda bertanya manakah yang lebih sehat, tentu saja toilet kering. Seperti yang telah dijelaskan oleh salah satu pakar kesehatan bahwa kuman dan bakteri membutuhkan tempat yang lembab untuk dapat berkembang biak, maka dari itu sudah jelas bahwa toilet kering sudah menjadi ciri dari toilet yang sehat. 

 

  1. Bak Penampungan Bersih

Jika anda ingin membangun toilet yang sehat, maka pastinya anda tidak boleh mengabaikan kebersihan dari bak penampungan. Pastikan bahwa bak penampungan di dalam toilet anda benar benar bersih dan bebas dari lumut. Lakukan pembersihan bak penampungan minimal satu minggu sekali untuk mengurangi kemungkinan di dalam air mengandung jentik jentik nyamuk penyebab demam berdarah.

 

  1. Kualitas Air Bersih

Sebagian besar bakteri yang menyerang kesehatan tercemar melalui media air, maka dari itu pastikan bahwa air di dalam toilet anda memenuhi standar air bersih seperti air tidak berbau, berwarna dan memiliki rasa. 

Baca juga Penyakit yang Mengintai Anak Jika Toilet Sekolah Kotor

  1. Saluran Pembuangan Lancar

Pastikan bahwa di dalam ruang toilet anda memiliki saluran pembuangan air yang lancar. Hindari membuang sampah sembarangan di dalam toi8let agar saluran tidak mampet atau tersumbat. Jika saluran sudah terlanjur tersumbat maka segera atasi dan jangan dibiarkan berlarut larut karena dapat mengundang kehadiran kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Itulah beberapa ciri ciri dan syarat untuk memiliki toilet yang bersih dan sehat dan aman untuk digunakan. Sayangi kesehatan anda yang dimulai dengan membangun toilet yang bersih dan sehat.