Home Blog Saluran WC Mampet? Coba Gunakan Soda Api Untuk Mengatasinya

Saluran WC Mampet? Coba Gunakan Soda Api Untuk Mengatasinya

0
Saluran WC Mampet? Coba Gunakan Soda Api Untuk Mengatasinya

Jasa Sedot Wc Depok – Wc merupakan ruangan di dalam rumah yang memiliki fungsi cukup penting. Lebih penting lagi jika wc dapat digunakan dengan baik. Lantas bagaimana jika wc di rumah anda mampet.? Apa yang akan anda lakukan.?

Terlebih lagi jika wc mampet di waktu yang dibutuhkan, pastinya akan sangat merepotkan. Menangani wc yang mampet memang ada banyak caranya, mulai dari cara manual hingga cara instan dapat anda lakukan untuk atasi wc yang mampet. Sebelum anda mengatasi wc mampet, ada baiknya jika anda ketahui dulu apa saja yang menyebabkan wc tersumbat atau mampet.

Penyebab Saluran WC Mampet

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan wc mampet, salah satunya seperti septictank penuh atau adanya benda/kotoran yang tidak normal masuk ke dalam pipa saluran. Lebih jelasnya sebagai berikut.

 

Septic Tank Penuh

Ketika kita membuang kotoran ke dalam wc maka kotoran tersebut akan dikumpulkan pada sebuah wadah, yang biasa disebut dengan septictank. Septictank yang terus menerus diisi maka lama kelamaan akan penuh, dan jika septictank penuh maka tidak akan ada lagi ruang kosong untuk menampung kotoran yang dibuang ke dalam kloset sehingga saluran kloset pun akan mampet. 

 

WC Tersumbat Kotoran

Tidak jarang banyak orang yang kerap kali memiliki kebiasaan dalam membuang sampah sampah ke dalam kloset seperti bekas tisu, bekas pembalut dan benda benda lainnya. Kebiasaan tersebut tentunya dapat mengakibatkan saluran yang mampet.

Ketika anda mengalami hal tersebut, maka solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara mengeluarkan atau menghancurkan benda yang menyumbat saluran. Untuk menangani hal tersebut, anda bisa menggunakan soda api untuk mengatasinya. Adapun cara penggunaannya sebagai berikut

 

Cara menggunakan soda api untuk atasi mampet

Pada dasarnya soda api terdapat 2 jenis yaitu soda api cair dan soda api padat. Soda api yang digunakan untuk atasi mampet adalah soda api yang bersifat padat atau bubuk. Untuk cara menangani saluran yang mampet dengan  soda api simak sebagai berikut.

 

Persiapan

Pastikan bahwa anda sudah mempersiapkan soda api bubuk, air mendidih, sarung tangan karet, dan juga masker. Sebelum anda menangani saluran yang mampet dengan soda api, pastikan bahwa air di dalam kloset sudah surut, karena jika air belum surut, maka akan beresiko air yang ada di dalam kloset meluap sehingga menggenangi ruangan.

Baca juga Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam Agar Lancar Lagi

Eksekusi

Jika air di dalam kloset sudah surut, maka silahkan tuang soda api ke dalam lubang kloset. Diamkan sejenak kurang lebih 5 menit, dan kemudian tuangkan air panas ke dalam kloset. Ketika anda menuangkan air panas ke dalam kloset, sebaiknya anda jaga jarak karena ketika air panas dituangkan maka soda api yang tadinya anda tuangkan ke dalam kloset akan menguap. Pastikan bahwa anda mengenakan masker dan sarung tangan karet untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan terjadi. Diamkan kloset kurang lebih 1 jam agar soda api dapat bekerja dengan baik. 

 

Cek Saluran

Setelah menunggu kurang lebih 1 jam, maka selanjutnya anda dapat mengecek saluran apakah sudah kembali normal atau belum. Jika saluran belum kembali normal maka silahkan ulangi langkah langkah tersebut dengan penggunaan soda api yang lebih banyak dari sebelumnya.

Semakin banyak soda api yang anda gunakan maka semakin lama anda menunggu. Jika sebelumnya anda menunggu 1 jam, maka cobalah untuk menunggu 2 jam sebelum mengecek situasi saluran.

Itulah cara menggunakan soda api untuk atasi saluran kloset yang mampet dan semoga dapat bermanfaat.