Home Blog Penyakit yang Mengintai Anak Jika Toilet Sekolah Kotor

Penyakit yang Mengintai Anak Jika Toilet Sekolah Kotor

0
Penyakit yang Mengintai Anak Jika Toilet Sekolah Kotor

Jasa Sedot Wc Depok – Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa kesehatan di dalam ruang lingkup sekolah harus diawali dengan membersihkan toiletnya. Hal tersebut memang benar apa adanya, karena di dalam ruang toilet yang kotor terdapat ribuan jenis kuman dan bakteri yang siap mengancam kesehatan para pengguna toilet sekolah. Apalagi jika di dalam ruang lingkup sekolah terdiri dari anak anak yang masih membutuhkan bimbingan untuk segala hal maka kebersihan toilet tidak boleh diabaikan.

Kebersihan toilet sekolah yang terabaikan pastinya dapat beresiko menjadi sumber dari berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit berdampak ringan hingga penyakit yang berdampak dan beresiko cukup serius. Berikut ini ada beberapa macam penyakit yang dapat disebabkan oleh toilet yang kotor, salah satunya seperti

 

  1. Salmonellosis

Salmonellosis merupakan salah satu gejala yang menyerang bagian sistem pencernaan usus makhluk hidup seperti hewan dan manusia. Salmonellosis ini disebabkan oleh bakteri Salmonella yang berhasil masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh melalui makanan yang terkontaminasi.

Pada ruangan toilet yang kotor bakteri salmonella dapat ditemukan di dalam air baik itu di dalam bak penampungan, air yang tergenang dan lain sebagainya. Adapun gejala yang umum dirasakan oleh penderita infeksi salmonellosis ini yaitu mual, muntah, diare, sakit kepala, kram perut, darah pada feses dan demam.

 

  1. Shigellosis

Sama halnya dengan Salmonellosis, Shigellosis juga dapat berpotensi menyerang kesehatan melalui ruang toilet yang kotor dan tidak terurus. Pada dasarnya Shigellosis ini terjadi diakibatkan oleh infeksi bakteri shigella. Penyakit yang satu ini juga menyerang sistem pencernaan dalam tubuh yaitu usus. Solusi terbaik dalam menghindari penyakit iin yaitu dengan menjaga kebersihan toilet dan membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan setiap keluar dari dalam toilet.

 

  1. Trachoma

Infeksi trachoma merupakan salah satu gejala yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Chlamydia trachomatis. Penyakit ini sangatlah mudah menular karena penularan penyakit ini dapat terjadi melalui serangga, kotak langsung dengan penderita ataupun menggunakan peralatan peralatan yang digunakan oleh penderita. Akses sanitasi yang buruk di dalam toilet juga dapat membantu penyebaran penyakit ini. Adapun gejala yang dapat dirasakan oleh penderita seperti kelopak mata mengalami bengkak dan bernanah, sensitivitas terhadap cahaya, gatal-gatal ringan di area kelopak mata, mata perih. Solusi terbaik untuk menghindari penularan penyakit ini adalah dengan meningkatkan akses sanitasi.

Baca juga Alasan Toilet Pintar Harus Ada di Rumah

  1. Melioidosis

Melioidosis merupakan jenis penyakit yang menular pada makhluk hidup seperti hewan dan manusia. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Burkholderia pseudomallei. Jenis bakteri ini kerap kali ditemukan di dalam air dan tanah yang telah terkontaminasi oleh bakteri. Gejala penyakit ini dianggap cukup berbahaya karena dapat menyebabkan si penderita mengalami penyakit penyakit hati, kanker, diabetes, paru-paru kronis, dan penyakit ginjal. Adapun gejala yang dapat dirasakan oleh penderita seperti demam, timbulnya luka, nyeri dan bengkak pada area tertentu, sakit kepala, batuk. Nyeri sendi. Gangguan sistem pernafasan, dan bahkan bisa menyebabkan kejang kejang.

Selain dari gejala dan penyakit penyakit tersebut tentunya masih ada banyak lagi penyakit penyakit berbahaya lainnya yang dapat disebabkan oleh toilet yang kotor dan tidak terurus. Agar kita dan anak anak terhindar dari masalah kesehatan maka mulailah dari sekarang untuk selalu memperhatikan kebersihan toilet di area sekolah agar segala hal hal yang dapat mengancam kesehatan dapat dihindari. Ayo mulai hidup sehat yang diawali dari toilet.