Pentingnya Menerapkan Toilet Training Pada Anak Sejak Dini

Pentingnya Menerapkan Toilet Training Pada Anak Sejak Dini

Jasa Sedot Wc Di Bogor Dan Jakarta – Seiring perkembangan dan pertumbuhan seorang anak atau balita cenderung mengikuti kebiasaan orang tuanya dalam mengenal hal hal baru. Tingkah laku lucu seringkali dibuatnya dan tidak jarang mengundang tawa untuk para orang tua.

Tingkah seorang balita dalam menirukan aktivitas atau tingkah laku orang tua nya sehari hari sering terjadi pada balita yang berusia 1 tahun 5 bulan ke atas dan tahukah anda bahwa di masa pertumbuhan itu anda dapat mengajarkan anak untuk melakukan kebiasaan yang baik salah satunya seperti mengajarkan anak agar Buang Air Besar dan Buang Air Kecil pada tempatnya. 

Mengajarkan anak akan hal tersebut memang tidak akan langsung berhasil karena pada umumnya keberhasilan toilet training pada seorang anak hanya akan tercapai saat anak sudah berusia 2 tahun dan bahkan lebih yang tergantung dari pertumbuhan dan kecerdasan anak dalam memahami apa yang kita ajarkan.

Mengajarkan toilet training pada seorang anak sejak usia dini dapat memudahkan si anak agar cepat berhasil pada usia yang seharusnya dimana ia dapat melakukan berbagai hal dengan sendirinya. Sebelum anda menerapkan toilet training pada anak, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal yang dapat menunjang keberhasilan dalam toilet training.

 

Tingkah Laku Anak

Mengenal tingkah laku anak ketika akan Buang Air Besar ataupun Buang Air Kecil harus anda perhatikan agar anda tahu kapan waktu yang tepat untuk membawa anak anda ke toilet. Dengan membawa anak menuju ke toilet pada saat BAB ataupun BAK akan membuat otak si anak bekerja dan merekam kejadian tersebut sehingga lama kelamaan akan membuat anak merasa tidak nyaman jika tidak dibawa menuju toilet untuk BAB ataupun BAK.

Baca juga Tips Pembangunan Toilet Dan Kamar Mandi Didalam Kamar Tidur Agar Tetap Sehat

 

Usia Anak

Usia anak menjadi penentu keberhasilan anda dalam menerapkan toilet training pada anak anda, untuk usia yang tepat menerapkan toilet training dapat dimulai pada anak yang berusia 1 tahun 6 bulan namun kebanyakan anak memulainya pada usia 1 tahun 10 bulan sampai 2 tahun 6 bulan. Sementara untuk usia keberhasilan si anak dalam menggunakan toilet dengan sendiri biasanya saat berusia 3 tahun.

 

Ajak Anak Berbicara

Selain dapat meningkatkan kemampuan anak untuk dapat berbicara dengan baik, mengajak anak bicara sesering mungkin juga dapat meningkatkan kemampuan si anak untuk mudah mengerti tentang apa yang anda perintahkan. Jika anak sudah mengerti akan hal hal yang anda perintahkan maka anda dapat menerapkan toilet training melalui komunikasi.

 

Kebersihan Toilet

Karena seorang anak memiliki rasa takut yang cukup tinggi maka pastikan bahwa anda sudah membersihkan toilet anda, agar terhindar dari hama hama seperti kecoa, lalat dan hama lainnya yang dapat membuat si anak merasa takut ke toilet. Kegagalan dalam menerapkan toilet training umumnya disebabkan karena si anak takut akan benda benda atau hama yang berada di dalam toilet, maka pastikan bahwa anda sudah menyingkirkan hal hal yang membuat si anak takut jika berada di dalam toilet.

Kebersihan toilet merupakan hal yang paling penting karena meskipun anak sudah mengerti dengan sangat baik tentang apa yang anda ajarkan, akan percuma jika anak memiliki ketakutan untuk pergi ke toilet sendiri sehingga masih sering melakukan BAB di celana.

Itulah beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam menerapkan toilet training pada anak anda.