Home Blog Pentingnya Mencuci Tangan Sesudah dari Toilet

Pentingnya Mencuci Tangan Sesudah dari Toilet

0
Pentingnya Mencuci Tangan Sesudah dari Toilet

Jasa Sedot Wc Bekasi – Membersihkan tangan merupakan salah satu cara terbaik dalam menjaga kesehatan dari serangan kuman dan bakteri, karena tangan merupakan salah satu media transportasi terbaik kuman untuk berpindah dari suatu benda menuju ke dalam tubuh. Tangan juga merupakan salah satu penyebab terjadinya penyebaran bakteri, kuman dan virus dari orang satu ke orang lainnya. Maka dari itu selalu jaga kebersihan tangan terutama saat berhubungan langsung dengan fasilitas umum seperti toilet.

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mencuci Tangan.?

Semakin sering anda mencuci tangan maka akan semakin kecil kemungkinan anda terserang oleh bakteri dan kuman penyebab penyakit. Berdasarkan aktivitas sehari hari, ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk selalu mencuci tangan yaitu saat

 

Sebelum makan

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa saat akan makan diwajibkan untuk mencuci tangan. Ini bertujuan agar kuman dan bakteri yang berada di tangan tidak masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh.

 

Setelah Beraktivitas di Luar Rumah

Saat anda melakukan aktivitas di luar rumah, pastinya anda tidak pernah tahu apakah benda atau orang orang yang bersentuhan dengan anda dalam keadaan aman yang bebas dari bakteri, kuman dan virus. Maka dari itu cucilah tangan saat berasal dari luar rumah untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus di dalam rumah.

 

Setelah Menyentuh Hewan

Jika anda memiliki hewan peliharaan maka sebaiknya cuci tangan anda setiap kali anda menyentuhnya, yang walaupun hewan peliharaan anda terlihat bersih dan sehat, karena kita tidak pernah tau apakah hewan peliharaan anda benar benar bebas dari kuman.

 

Setelah Menjenguk Orang Sakit

Rasa solidaritas antara sesama manusia pastinya sulit untuk dihindari, terutama saat salah satu dari teman, kerabat, atau keluarga sedang mengalami sakit pastinya rasa ingin menjenguk selalu dirasakan oleh semua orang. Menjenguk orang yang sakit merupakan salah satu perbuatan yang terpuji namun jangan lupa untuk selalu mencuci tangan saat pulang dari menjenguk orang sakit, karena bisa saja virus, kuman atau bakteri yang berasal dari orang yang sakit berpindah ke tangan anda.

Sesudah Menggunakan Toilet – Jangan pernah menganggap remeh ruangan toilet karena ruangan toilet merupakan ruangan yang dianggap paling berbahaya yang memiliki ribuan kuman dan bakteri yang berada di dalamnya.

Setelah Membuang Sampah – Sudah pasti dalam sampah terdapat kuman dan bakteri, maka dari itu pastikan bahwa anda selalu mencuci tangan saat membuang sampah.

Baca juga Kebiasaan di Toilet dan Kamar Mandi Ini Berdampak Negatif bagi Kesehatan

Alasan Anda Harus Mencuci Tangan Setelah Dari Toilet

Sejumlah virus dan bakteri dapat hidup di suatu tempat dalam keadaan yang cukup lama. Meskipun tangan anda terlihat bersih, bukan berarti tangan anda terbebas dari kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri tentunya menjadi penyebab terjadinya berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit, ringan hingga penyakit penyakit yang dapat berakibat fatal.

Sebagian besar kuman dan bakteri yang berasal dari dalam toilet, merupakan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan yang dapat menyebabkan gejala penyakit serius. Maka dari itu pastikan bahwa tangan anda selalu dicuci saat keluar dari dalam toilet, agar kuman dan bakteri yang berpindah ke tangan anda tidak dapat masuk ke dalam saluran pencernaan.

 

Cara mencuci Tangan yang Baik Setelah keluar dari toilet.

Mencuci tangan tidak hanya sekedar membilasnya dengan air saja, karena untuk memperoleh hasil yang maksimal, pastinya ada tata cara yang baik dalam mencuci tangan. Untuk mencuci tangan yang baik berikut tips dan caranya.

  1. Bilas tangan dengan menggunakan air
  2. Oleskan sabun
  3. Gosok tangan sampai merata dan menjangkau sela sela jari secara menyeluruh. Lakukan cara ini minimal 20 detik agar kuman dan bakteri yang berasal dari dalam toilet dapat mati
  4. Bilas tangan dengan menggunakan air yang mengalir agar sisa sisa kuman dan bakteri bisa mengalir mengikuti arus air.
  5. Keringkan tangan dengan menggunakan handuk atau tisu pengering.

Demikianlah informasi terkait pentingnya mencuci tangan saat keluar dari dalam toilet dan kamar mandi.