Home Blog Patut Diwaspadai, Ternyata Siraman di Toilet Bisa Sebar Partikel Covid-19 ke Udara

Patut Diwaspadai, Ternyata Siraman di Toilet Bisa Sebar Partikel Covid-19 ke Udara

0
Patut Diwaspadai, Ternyata Siraman di Toilet Bisa Sebar Partikel Covid-19 ke Udara

Jasa Sedot Wc Bekasi – Di tengah maraknya virus penyebaran corona menuntut kita untuk selalu menjaga kesehatan semaksimal mungkin dan termasuk data kita menggunakan toilet. Penyebaran virus corona tidak pernah memandang tempat dan siapa saja bisa saja terpapar virus covid 19, tidak terkecuali bagi anda yang merasa segar bugar bisa saja terpapar oleh virus yang berbahaya tersebut.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa virus sebagian besar virus tersebut banyak ditemukan di sel paru paru dan sistem pernafasan pada bagian atas, namun sebagian kecilnya juga ditemukan di dalam reseptor sel di usus kecil.

Dari sekian banyak pengidap virus tersebut, beberapa diantaranya mengalami gejala seperti muntah muntah, pusing, mual dan juga diare. Berdasarkan hasil penelitian pada ruangan isolasi tempat pengidap dirawat ternyata ada sebagian kecil virus yang ditemukan di area toilet yang dimana tempat pengidap dirawat.

Dari hasil penelitian tersebut tidak menutup kemungkinan adanya penyebaran virus covid 19 melalui area toilet yang meskipun hal tersebut hanya kemungkinan kecil saja namun tidak ada salahnya kita untuk selalu waspada dalam penggunaan toilet.

Selain menyentuh barang barang yang rawan atau sering disentuh banyak orang di dalam toilet, ternyata penyebaran virus juga bisa terjadi melalui pencemaran udara yang terjadi saat kita membilas atau menyiram toilet.

Ketika kita menyiram toilet, maka terjadilah sebuah pusaran air di dalam lubang kloset yang dimana pusaran tersebut mampu mendorong udara yang berada di dalamnya untuk keluar dari area toilet dan dari hal tersebut juga dapat menyebabkan beberapa percikan halus air yang berada di dalam kloset naik ke udara dan mampu bertahan selama beberapa waktu. Pencemaran udara tersebut juga pastinya dapat berkemungkinan akan terhirup dan masuk ke dalam sistem pernapasan selaku pengguna toilet.

Maka dari itu, dianjurkan untuk semua pengguna toilet sebaiknya menutup lubang kloset sebelum melakukan pembilasan untuk meminimalisir terjadinya pencemaran udara dan penyebaran virus melalui udara.

Usahakan untuk selalu membilas toilet sebelum dan setelah digunakan demi mengecilkan kemungkinan adanya penyebaran virus yang terjadi di dalam area toilet. selain itu, usahakan untuk selalu mengenakan masker ketika anda berhadapan dengan ruangan atau fasilitas umum seperti toilet umum.

Hindari berbagai macam hal yang dapat mengakibatkan penularan virus saat berada di area toilet umum seperti menjaga jarak, mencuci tangan, semprotkan cairan desinfektan pada area area yang anda anggap cukup berbahaya dan lain sebagainya. Sediakan tisu ketika anda hendak memasuki area toilet, ini bertujuan untuk mengurangi anda menggunakan peralatan umum seperti pengering otomatis, karena pengering otomatis yang berada di area toilet sudah pasti sering tersentuh oleh banyak orang dan bisa saja pada area pengering otomatis terdapat bagian kecil dari virus. 

Baca juga Cara Mengatasi Kloset Duduk yang Bocor dan Mampet

Cara kerja dari pengering otomatis dianggap kurang baik, yang dimana ketika pengering otomatis yang berada di area toilet dihidupkan maka secara otomatis udara yang ada di area tersebut dapat terhirup ke bagian dalam mesin pengering yang dimana jika pada area udara sekitar terdapat virus, maka sudah pasti virus akan ikut keluar dari dalam mesin sehingga besar kemungkinan virus akan menempel pada area tangan.

Usahakan untuk selalu membawa sanitizer ketika anda hendak keluar dari rumah agar anda dapat menjaga kemungkinan terpaparnya virus melalui tangan saat anda hendak menyentuh barang barang yang bersifat publik. Patuhi semua protocol yang berlaku di daerah masing masing untuk kebaikan kita bersama dan menekan penyebaran virus corona semaksimal mungkin.