Metode Alternatif Toilet Training yang Menyenangkan Bagi Balita

Metode Alternatif Toilet Training yang Menyenangkan Bagi Balita

Jasa Sedot Wc Depok Murah – Melatih anak untuk buang air besar ataupun buang air kecil di toilet memang bukanlah hal yang mudah karena terkadang anak akan mau menuruti apa keinginan anda dan terkadang juga anak akan menolak hal tersebut. Dalam fase ini sebaiknya jangan terlalu memaksa anak ketika si anak menolak untuk mengikuti apa yang anda inginkan karena hal tersebut hanya akan berdampak buruk kepada anak anda.

Rayulah anak anda dengan lembut agar mau menuruti keinginan dan bersedia mengikuti terapan toilet training. Agar lebih mudah dan menarik bagi si anak, anda dapat merubah pelajaran menjadi permainan agar si anak tertarik dan berminat untuk mengikuti hal tersebut. Ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk mengubah pelajaran toilet training menjadi permainan, salah satunya seperti menyediakan segala perlengkapan toilet training seperti potty seat dengan warna dan motif yang menarik bagi si anak. Berikut ini ada beberapa metode alternatif toilet training yang menyenangkan bagi balita.

  1. Metode Kasual

Sebagai metode alternatif pertama, anda dapat menanyakan anak anda ketika memberikan sinyal ingin buang air besar ataupun buang air kecil. Tanyakan kepada anak anda ketika memberikan sinyal sinyal tersebut. Jika anak anda mengatakan iya maka letakkan potty seat di atas toilet sebelum mengajak anak anda ke toilet. Jika potty seat memiliki motif yang dapat menarik perhatian biasanya si anak biasanya si anak merasa tertarik dan senang saat didudukan di atas potty seat.

Cara ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama karena tergantung dari mod si anak yang terkada mau dan juga terkadang menolak ajakan anda.  

 

  1. Metode Beberapa Hari

Membiasakan anak dalam menggunakan toilet juga dapat menjadi metode alternatif untuk mengajarkannya toilet training. Anda dapat mengajak anak anda untuk buang air besar ataupun buang air kecil di toilet beberapa kali dalam sehari. Usahakan anda memilih waktu di saat anda tidak memiliki kesibukan selama 3 sampai 4 hari. Membiasakan anak agar terbiasa dengan aktivitas toilet terbilang cukup efektif dalam mengajarkan anak menggunakan toilet secara mandiri, namun jika anak mulai menunjukkan rasa tidak suka dan bosan dengan cara tersebut maka anda dapat menggunakan cara lainnya.

Baca juga Kiat Sukses Toilet Training Balita

 

  1. Metode Deadline

Seiring perkembangan anak pastinya akan menimbulkan rasa keinginan seorang anak akan mengikuti suatu hal. Salah satunya seperti saat anak anda ingin ikut serta preschool dan kegiatan lainnya. Dengan rasa keinginan dari anak, anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membuat si anak mau dan giat belajar menggunakan toilet. Anda dapat merayu dan mengatakan kepada anak bahwa syarat untuk mengikuti kegiatan tersebut harus didasari dengan tingkah mandiri dalam menggunakan toilet. Karena keinginan yang besar akan hal tersebut pasti akan mendorong anak anda untuk giat dalam belajar menggunakan toilet mandiri.

  1. Metode Reward

Merayu anak dengan hadiah merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengajarkan anak akan suatu hal. Anda dapat mengajak anak anda untuk menggunakan toilet dengan mandiri, namun jangan lengah dari pengawasan anda ya. Ketika anak anda menginginkan suatu barang maka anda dapat menjanjikan barang tersebut sebagai hadiah jika anak sudah mampu menggunakan toilet secara mandiri.

Itulah beberapa metode alternatife yang dapat anda terapkan dalam menerapkan toilet training. Apapun cara yang anda pilih pastikan bahwa cara tersebut tidak membuat anak terpaksa dan tertekan karena jika anak tertekan dan frustasi hanya akan membuat si anak menjadi lebih lama untuk mengerti.