Masalah Sanitasi di Toilet Sekolah Anak

Masalah Sanitasi di Toilet Sekolah Anak

Jasa Sedot Wc Di Bogor Dan Jakarta – Berdasarkan hasil survey bahwa Indonesia kini sudah mengalami peningkatan dalam akses Sanitasi sebanyak 58% untuk toilet sekolah, maka dalam arti masih ada 42% toilet yang minim akan akses sanitasi. Minimnya akses sanitasi toilet sekolah di Indonesia membuat sebagian banyak anak anak masih terkena dampak dari toilet kotor yang mengancam kesehatan.

Ada berbagai macam faktor penyebab kurangnya akses sanitasi di toilet sekolah seperti

 

1. Jumlah Toilet Sedikit

Minimnya persediaan toilet di sekolah tentunya dapat mengakibatkan kurangnya akses sanitasi, hal tersebut terjadi diakibatkan kebutuhan pengguna lebih besar dibandingkan ketersediaan toilet sehingga membuat toilet menjadi lebih aktif. Toilet aktif tentunya akan rentan kotor sehingga kuman dan bakteri yang ada di dalam toilet akan dengan mudah berkembang biak, terutama untuk toilet yang jarang sekali dibersihkan.

 

2. Tidak Tersedianya Tempat Cuci Tangan

Jarang sekali sekolah menyediakan wastafel atau tempat cuci tangan area toilet, sementara ketersediaan tempat cuci tangan area toilet sangatlah penting, agar kita dapat membunuh kuman yang menempel di tangan secara tidak sengaja saat menggunakan toilet.

 

3. Tidak Tersedianya Tempat Sampah Tertutup

Selain tempat cuci tangan, ketersediaan bak sampah di area toilet sekolah juga jarang sekali ditemui, ada yang menyediakan tempat sampah namun tidak dalam keadaan tertutup, sementara para ahli kesehatan menganjurkan untuk menutup tiap bak sampah yang berada di dalam toilet agar kuman kuman yang berada di dalam sampah tidak menyebar ke seluruh ruangan toilet.

 

4. Minimnya ventilasi

Ventilasi dalam sebuah toilet sangatlah penting karena ventilasi dapat mengatur suhu serta udara di dalam ruangan toilet. Minimnya ventilasi dalam sebuah toilet tentunya akan membuat toilet cenderung lembab sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri untuk berkembang biak.

Baca juga Waspada Penyakit Dari Toilet Kotor

 

Itulah 4 faktor penyebab dari minimnya akses sanitasi pada toilet sekolah yang ada di indonesia, agar sanitasi di toilet sekolah dapat terpenuhi mari lakukan gerakan toilet sehat dengan cara

Membersihkan toilet Secara Berkala

Membersihkan toilet secara berkala dapat membantu kita bersama sama dalam membangun toilet sehat dan bersih. Pastikan juga anda mengajak para siswa siswi dalam menjaga dan membersihkan toilet agar dalam benak mereka dapat tertanam akan pentingnya menjaga kesehatan.

 

  • Menyediakan Fasilitas Sanitasi Lengkap

Sediakan berbagai jenis fasilitas sanitasi seperti tempat cuci tangan, bak sampah tertutup, cairan pembersih toilet, cairan pembasmi kuman dan lain sebagainya.

  • Desain Toilet Yang Baik Atau Ideal

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain toilet agar menjadi toilet sehat seperti ventilasi udara dan cahaya yang cukup, jarak penampungan kotoran minimal 10 meter dari jarak sumber mata air, lantai tidak digenangi oleh air, dinding kering dan saluran pembuangan lancar.

  • Pengguna Toilet Yang Bertanggung Jawab

Tidak hanya fasilitas saja yang harus kita perhatikan karena kesadaran dalam diri juga harus menjadi yang utama dalam memaksimalkan akses sanitasi yang baik di lingkungan sekolah. Mulailah dengan mengajak teman teman, rekan serta siswa siswi untuk sama sama bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan di dalam toilet.

Bagaimana apakah sekarang anda sudah menjadi lebih paham dalam masalah sanitasi yang kerap terjadi di dalam toilet sekolah.? Apakah toilet di sekolah anda tidak termasuk ke salah satu toilet tersebut.? Semoga saja toilet yang berada di sekolah anda sudah memiliki akses sanitasi yang cukup.