Manakah yang Lebih Baik antara Tisu dan Hand Dryer Untuk Sanitasi Toilet.?

Manakah yang Lebih Baik antara Tisu dan Hand Dryer Untuk Sanitasi Toilet.?

Jasa Sedot Wc Bintaro Terbaik – Saat kita menggunakan toilet umum atau toilet toilet yang berada di kantor biasanya kita akan menemukan Hand Dryer sebagai media pengering tangan saat keluar dari toilet. Media pengering tangan Hand Dryer sangat banyak diminati oleh pengunjung toilet karena Hand Dryer dianggap cukup praktis ketimbang menggunakan tisu yang pada akhirnya hanya akan memenuhi bak sampah.

Hal tersebut memang benar, namun perlu diketahui bahwa menggunakan Hand Dryer tidak sebaik menggunakan tisu. Mengapa demikian.? Coba anda bayangkan cara kerja dari Hand Dryer, Hand Dryer akan menyerap udara sekitar yang kemudian akan dikeluarkan saat anda mengeringkan tangan.

Dengan cara kerja tersebut dapat disimpulkan bahwa bakteri atau kuman yang berada di udara area Hand Dryer akan ikut masuk ke dalam saat Hand Dryer menghisap udara sekitar dan pastinya kuman tersebut juga akan ikut keluar ketika udara dari Hand Dryer dikeluarkan.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa bakteri yang berada di udara sekitar Hand Dryer, cenderung lebih tahan lama sehingga besar kemungkinan bakteri akan masuk ke dalam Hand Dryer. Sementara anggapan menggunakan Hand Dryer lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan Tisu, hal tersebut tidaklah benar karena 99 persen orang yang menggunakan tisu hanya membutuhkan waktu 15 detik saja untuk mengeringkan tangan, namun jika menggunakan Hand Dryer, akan membutuhkan waktu kurang lebih 45 detik. Dari angka perbandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan tisu jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan Hand Dryer.

Jika dilihat dari segi sanitasi manakah lebih baik.? Keduanya sebenarnya sama saja asalkan anda menggunakan Hand Dryer yang memiliki filter HEPA karena Hand Dryer yang memiliki filter HEPA akan mampu meminimalisir bakteri atau kuman yang masuk melalui udara.

Baca juga Selain Penyakit Diare, Inilah Gangguan Kesehatan Yang Disebabkan Toilet Kotor

 

Lalu bagaimana jika di toilet yang anda gunakan hanya menyediakan Hand Dryer tanpa Filter HEPA.? Tidak perlu khawatir, anda masih bisa menggunakannya asalkan anda pastikan bahwa seluruh bagian tangan anda kering dengan sempurna agar bakteri dan kuman tidak menempel ditangan. 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Hand Dryer dan Tisu sama sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Hasil perbandingan kedua media tersebut disimpulkan sebagai berikut.

 

Hand Dryer

Kelebihan menggunakan Hand Dryer adalah lebih praktis dan tidak menimbulkan sampah pada toilet, namun kekurangan dari menggunakan Hand Dryer, membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan menggunakan Tisu. Menggunakan Hand Dryer secara terburu buru tentunya akan menyisakan kuman dan bakteri yang keluar dari Hand Dryer. 

 

Tisu

Kelebihan menggunakan tisu tentunya karena Tisu dapat menyerap air beserta kuman yang menempel pada tangan dengan cepat, namun kekurangan menggunakan tisu, tidak dapat digunakan berkali kali, menimbulkan sampah, dan dapat mengganggu pipa saluran jika dibuang sembarangan.

Dari kelebihan kelebihan dan kekurangan tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan tisu jauh lebih cepat membasmi kuman dan bakteri yang menempel pada tangan namun jika dinilai dari kebersihan lingkungan, Hand Dryer jauh lebih baik.

Jadi manakah yang lebih baik menurut anda.? Apapun pilihan anda tentunya semuanya akan lebih baik asalkan anda dapat menggunakannya dengan cara yang baik dan benar. 

Sebelum anda menggunakan Hand Dryer ataupun Tisu sebagai pengering tangan, jangan lupa sebelumnya untuk mencuci tangan pada air mengalir dengan menggunakan sabun ya, agar kuman dan bakteri yang berasal dari toilet tidak menjadi penyebab penyakit.