Mana Yang Lebih Sehat, Toilet Jongkok Atau Toilet Duduk

Mana Yang Lebih Sehat, Toilet Jongkok Atau Toilet Duduk

Jasa Sedot Wc Bintaro Terbaik – secara umum, toilet terdiri dari 2 jenis yaitu toilet duduk dan toilet jongkok. Toilet duduk dikenal sebagai desain toilet modern sedangkan toilet jongkok dikenal sebagai toilet dengan model kuno.

Sesuai dengan namanya, toilet duduk digunakan dengan cara duduk, begitu pula dengan toilet jongkok yang digunakan dengan cara menjongkok. Di dunia kesehatan, posisi seseorang yang sedang Buang Air Besar dapat mempengaruhi kesehatan loh. Beberapa ahli kesehatan menganjurkan kita untuk melakukan Buang Air Besar dengan posisi yang sesuai dengan prosedur kesehatan agar terhindar dari beberapa hal yang dapat mengganggu kesehatan.

Lalu bagaimana posisi yang baik dan benar saat Buang Air Besar.? Selengkapnya akan kita bahas nanti. Sebelum membahas mengenai bagaimana posisi Buang Air Besar yang baik menurut kesehatan, mari kita pahami dulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari toilet tersebut.

Toilet Duduk

Toilet duduk terkenal sebagai toilet modern dan mewah. Penggunaan toilet duduk tentunya dapat membantu bagi sebagian orang yang mengalami masalah dengan gangguan pergelangan kaki misalnya seperti penderita radang sendi dan juga orang orang hamil, lanjut usia dan cedera lutut. Dengan hadirnya toilet duduk tentunya dapat membuat beberapa kalangan tersebut merasa lebih mudah dan nyaman saat BAB.

Namun harga toilet duduk terbilang cukup mahal dibandingkan dengan toilet jongkok. BAB dengan cara duduk dinilai tidaklah sehat karena jika kita BAB dengan posisi duduk pastinya kita membutuhkan cukup banyak tenaga untuk mengejan yang dimana mengejan dengan tenaga yang cukup besar dapat beresiko terkena penyakit wasir dan sembelit.

Selain itu menggunakan toilet duduk akan membuat kita lebih mudah terpapar bakteri karena bagian bagian kulit harus bersentuhan langsung dengan bagian toilet, apalagi jika menggunakan toilet umum. 

Baca juga Pastikan Anda Menyediakan Ini Sebelum Menggunakan Toilet Umum

 

Toilet Jongkok

Dari segi penampilan toilet jongkok tidak sebanding dengan toilet duduk karena toilet jongkok dikenal sebagai toilet yang memiliki model kuno, dapat mengakibatkan rasa pegal pada tumit dan paha jika BAB berlama lama, dan pastinya toilet jongkok tidak akan merasa bagi beberapa kalangan seperti ibu hamil, lanjut usia dan lain sebagainya namun dibalik kekurangan yang dimiliki oleh toilet jongkok tentunya toilet jongkok memiliki banyak kelebihan seperti harga lebih murah dan baik bagi kesehatan. 

Berdasarkan beberapa ahli menyatakan bahwa BAB dalam posisi jongkok dapat membantu melancarkan BAB lebih efektif dibandingkan dengan cara duduk, karena posisi BAB dengan cara menjongkok dapat mengencangkan kinerja otot sehingga tidak membutuhkan tenaga yang besar untuk mengejan.

BAB dengan posisi jongkok tentunya dapat membuat ruang pembuangan tinja di anus yang sekaligus membuat otot di anus dan usus besar lebih rileks sehingga proses BAB dapat berjalan dengan mudah dan lancar.

Lalu manakah yang lebih baik toilet duduk atau toilet jongkok.?

Berdasarkan keterangan di atas maka sudah dapat dipastikan bahwa BAB dengan cara jongkok lebih dianjurkan karena memiliki banyak manfaat dan dapat membantu anda terhindari dari beberapa kemungkinan masalah kesehatan. 

Sekarang tentunya anda sudah paham mana yang lebih baik antara toilet duduk dengan toilet jongkok. Lalu bagaimana jika toilet di rumah anda adalah toilet duduk.? Apakah perlu dilakukan renovasi.?  Tidak perlu renovasi karena hanya akan mengeluarkan cukup banyak biaya, anda masih bisa menggunakan bangku sebagai alat bantu anda untuk buang air besar di toilet duduk dengan posisi jongkok.