Kiat Sukses Toilet Training Balita

Kiat Sukses Toilet Training Balita

Jasa Sedot Wc Depok Murah – Pernah mendengar istilah toilet training.? Toilet training merupakan suatu tahap atau proses dimana para orang tua mengajarkan anaknya untuk menggunakan toilet sejak usia balita. Mengajarkan anak sejak usia dini memang cukup efektif untuk mendidik anak agar lebih cepat dan mampu menggunakan toilet sendiri secara mandiri.

Menerapkan toilet training pada seorang anak tentunya ada banyak hal dasar yang harus diperhatikan, mulai dari usia, kemantapan fisik anak dan lain sebagainya. Menerapkan toilet training pada seorang anak bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan extra kesabaran dan ketelitian dalam mengajarnya. Mengingat anak yang masih berada di usia yang sangat sulit untuk mengerti maka pastinya extra kesabaran dibutuhkan karena anak pasti masih sering melakukan kesalahan dalam memahami maksud dan tujuan anda. Namun pada usia tersebut merupakan usia yang paling cocok untuk mengajarkan anak menggunakan toilet karena jika anda mengajarkan anak pada usia yang lebih besar pastinya akan sangat merepotkan.

Usia yang cocok untuk mengajarkan anak toilet training yaitu saat berusia 1,8 tahun karena pada usia tersebut biasanya anak sudah mulai mengerti dengan apa yang anda ajarkan. Namun beberapa anak biasanya membutuhkan usia yang berbeda untuk siap diajarkan toilet training. Untuk mengenal anak yang sudah siap toilet training bisa dilihat dari beberapa faktor tingkah laku seperti

  • Memperlihatkan ekspresi saat hendak BAB ataupun BAK.
  • Tidak BAB saat tidur malam.
  • Anak sudah mampu berkomunikasi saat menggunakan toilet atau proses penggunaan toilet.
  • Jika anak BAB di popok biasanya akan memberitahu atau meminta kita untuk menggantinya.
  • Anak lebih cenderung memilih menggunakan celana dibandingkan menggunakan popok.
  • Memberikan anda isyarat ketika ingin BAB ataupun BAK
  • Bersemangat ketika mengikuti proses toilet training.

Jika tanda tanda tersebut sudah terlihat pada anak anda maka penerapan toilet training sudah dapat dimulai. Pada proses toilet training, anda dapat mengajarkan anak anda dengan cara.

Baca juga Cara Aman Mengajarkan Anak Untuk Buang Air Kecil Di Toilet Umum

Biasakan Anak Dengan Kegiatan Kamar Mandi

Membiasakan anak dengan kegiatan yang berhubungan dengan kamar mandi dan toilet merupakan langkah awal yang dapat anda lakukan dalam menerapkan toilet training.

 

Atur Jadwal

Perhatikan jadwal biasanya anak untuk BAB dan BAK, jika anda sudah dapat mengetahui jadwal jadwal tersebut maka ajaklah anak anda ke dalam toilet untuk membiasakan diri melakukannya di dalam toilet. Biasanya pada tahap ini sebagian besar orang tua lebih sering mengajak anaknya untuk BAK pada waktu pagi hari saat anak bangun tidur.

 

Rubah Pelajaran Jadi Permainan

Anak anak pada usia tersebut cenderung lebih menyukai hal hal yang berkaitan dengan hiburan maka anda dapat mengajarkan anak untuk menggunakan toilet sambil mengajaknya bermain atau bersenang senang. Usakahan anak menyukai hal tersebut agar anak giat dalam belajar.

 

Beri Pujian

Memberi pujian pada seorang anak dapat membuat anak menjadi lebih semangat dalam melakaukan berbagai hal yang anda ajarkan. Jika anak anda berhasil memahami apa yang anda ajarkan maka jangan lupa untuk memberinya pujian, namun jika anak anda melakukan kesalahan beri semangat untuk terus belajar bukan memarahinya.

Sekian dari cara kiat mengajarkan anak untuk toilet training, ingat untuk selalu bersabar dan tekun saat mengajarkan anak anda dalam berbagai hal karena mengajarkan anak itu tidaklah mudah dan pastinya butuh waktu dan proses yang cukup panjang.