Jangan Abaikan Kebersihan Toilet Karena Akan Berdampak Buruk

Jangan Abaikan Kebersihan Toilet Karena Akan Berdampak Buruk

Jasa Sedot Wc Bintaro Terbaik – Selain memberikan citra yang buruk bagi rumah, toilet kotor juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Mengingat toilet kotor menyimpan berbagai macam bakteri dan kuman, pastinya akan membuat siapa saja yang menggunakannya akan beresiko terinfeksi bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri sangatlah beragam, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit penyakit yang berakibat fatal jika tidak segera ditangani. 

Berdasarkan hasil riset penelitian mengungkapkan bahwa ada 70% jenis bakteri yang mengakibatkan infeksi saluran ada di dalam toilet, dan beberapa diantaranya tergolong ke dalam salah satu jenis bakteri yang sangat membahayakan yang bisa mengakibatkan penyakit yang sangat serius dan akan berakibat sangat fatal jika penyakit berkelanjutan.

Lalu bakteri jenis apa dan penyakit apa saja yang dapat menyerang kita jika tidak memperhatikan kebersihan toilet.? Berikut penjelasannya.

  1. Penyakit demam tifoid

Demam tifoid merupakan salah satu penyakit yang timbul disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyebab dari penyakit yang satu ini dapat disebabkan oleh kurangnya akses air bersih karena penyebaran penyakit tersebut tersebar melalui air yang terkontaminasi. Gejala penularan penyakit tersebut biasanya ditandai dengan tidak enak badan, muntah, diare, mual, nafsu makan menurun, dan ruam.

  1. Infeksi Streptococcus

Sebagian besar penderita Infeksi Streptococcus disebabkan oleh penggunaan toilet yang kotor. Untuk gejala penyakit tersebut biasanya ditandai demam, radang tenggorokan,dan menyebabkan kulit merah.

  1. Hepatitis A

Sesuai dengan namanya, penyakit yang satu ini terjadi diakibatkan oleh serangan bakteri Hepatitis A. penularan penyakit tersebut dapat menular melalui makanan dan minuman terkontaminasi. Cara terbaik untuk menghindari penyebaran penyakit tersebut yaitu dengan membiasakan diri mencuci tangan setiap keluar dari toilet.

  1. Disentri

Disentri diakibatkan oleh infeksi bakteri bakteri Shigella yang menyerang usus. Penularan penyakit yang satu ini sama dengan penularan Hepatitis A yaitu melalui makanan dan minuman terkontaminasi. Cara menghindari penyakit tersebut, bisa dengan membiasakan diri mencuci tangan pada air mengalir dengan menggunakan sabun.

Baca juga Lakukan Cara Berikut Jika Anda Harus Berhadapan dengan Saluran Mampet

  1. Infeksi Staphylococcus

Para penderita Infeksi Staphylococcus, sebagian besarnya disebabkan oleh seringnya menggunakan toilet umum yang kotor. Gejala gejala dari penderita Infeksi Staphylococcus biasanya ditandai dengan rasa sakit kepala, demam, dan rasa mudah lelah.

 Itulah beberapa jenis penyakit yang mengancam kesehatan anda jika mengabaikan kebersihan toilet. Oleh karena itu mulailah menjaga kebersihan toilet anda mulai sekarang yang dapat diawali dengan memaksimalkan akses sanitasi toilet. Untuk memaksimalkan akses sanitasi toilet, anda bisa memenuhi standar akses sanitasi toilet yang sehat seperti

Air bersih

Untuk membangun toilet bersih dan sehat, anda dapat memulainya dengan menyediakan air yang bersih yang memenuhi standar air sehat seperti, air tidak bau, air tidak memiliki warna dan air yang tidak memiliki rasa.

Toilet kering

Menyediakan toilet kering juga dapat membantu anda terhindar dari serangan bakteri, karena umumnya bakteri dan kuman membutuhkan tempat yang lembab untuk bersarang dan berkembang biak.

Fasilitas sanitasi

Lengkapi fasilitas sanitasi di dalam toilet anda seperti wastafel, sabun cuci tangan, cairan sanitizer, dan lain sebagainya.

Jaga Kebersihan

Sebagai poin terakhir dan terpenting dalam memerangi penyebaran bakteri dan kuman adalah dengan menjaga kebersihan toilet, hindari membuang barang barang sembarangan di dalam toilet, dan pastikan bahwa anda menyediakan tong sampah di area toilet agar para pengguna toilet dapat lebih mudah membuang sampah yang berasal dari dalam toilet.