Jagalah Kebersihan Toilet, Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit Berikut

Jagalah Kebersihan Toilet, Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit Berikut

Jasa Sedot Wc Tangerang Selatan Profesional – Jagalah kebersihan toilet agar keluarga sehat, Mungkin kata kata tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Kata kata tersebut seringkali dijadikan slogan dalam gerakan ajakan toilet sehat.

Menjaga kebersihan toilet memang sangatlah penting karena bersih dan kotornya sebuah toilet akan mempengaruhi kesehatan orang dalam rumah. toilet yang kotor merupakan sarang kuman dan bakteri, maka sudah pasti kuman dan bakteri yang berada di dalam toilet dapat mengancam kesehatan bagi siapa saja yang menggunakannya.

Ada berbagai jenis penyakit yang dapat beresiko mengancam pengguna toilet yang kotor seperti

  1. Salmonellosis

Sesuai dengan namanya, penyakit Salmonellosis berasal dari bakteri salmonella. Bakteri salmonella biasanya hidup di dalam usus makhluk hidup seperti hewan dan manusia. Bakteri salmonella dapat ditemukan di dalam toilet toilet yang kotor dan bakteri tersebut dapat hidup dan berkembang biak di dalam air yang kotor. Penularan Salmonellosis ini dapat menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Kebiasaan tidak mencuci tangan saat keluar dari toilet dapat menjadi penyebab terserangnya bakteri salmonella. Sedangkan untuk penderita penyakit Salmonellosis ditandai dengan gejala Kram Perut, Diare, Mual, Muntah, Demam, Sakit kepala dan Darah pada feses. Jika tidak ditangani penyakit tersebut dapat sangat beresiko.

 

  1. Shigellosis

Sama seperti Salmonellosis, penyakit yang satu ini juga menyerang sistem pencernaan. Penularan penyakit yang satu ini dapat disebabkan oleh kontak langsung dengan bakteri dan kuman. Di dalam toilet yang kotor dapat beresiko menyimpan bakteri shigella, terutama di toilet toilet umum. Penularan penyakit tersebut biasanya dibawa oleh seseorang yang sudah terinfeksi dan kemudian menyentuh bagian bagian toilet sehingga bakteri yang tadinya berada di tangan akan berpindah ke bagian bagian toilet yang tersentuh. Untuk gejalanya sendiri penyakit tersebut ditandai dengan demam, diare dan darah pada feses.

Baca juga Inilah Benda yang Dianggap Paling Kotor di Dalam Toilet dan Kamar Mandi

 

  1. Trachoma

Penyakit trachoma merupakan penyakit yang berasal dari .bakteri Chlamydia trachomatis. Penyebaran penyakit trachoma dapat tertular dengan cara kontak langsung dengan pengidapnya, dibawa oleh serangga dan juga dapat melalui peralatan yang tersentuh oleh pengidap penyakit tersebut. salah satu tempat yang harus diwaspadai untuk penularan penyakit tersebut adalah toilet umum. Sedangkan untuk gejalanya sendiri, penyakit tersebut ditandai dengan kelopak mata mengalami bengkak dan bernanah, gatal-gatal ringan di area kelopak mata, sensitivitas terhadap cahaya dan mata mata perih. Cara terbaik untuk menghindari penularan penyakit tersebut dengan menjaga jarak dan tidak bersentuhan langsung dengan pengidap penyakit dan hindari menyentuh barang barang yang disentuh oleh pengidapnya. Jika anda menggunakan toilet umum maka sebaiknya gunakan dengan cara yang tepat dan benar.

 

  1. Melioidosis  

Untuk penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang berasal dari infeksi bakteri Burkholderia pseudomallei. Dan bakteri tersebut dapat ditemukan di tanah dan air yang terkontaminasi. Salah satu langkah terbaik dalam menghindari penyakit Melioidosis yaitu dengan menjaga kualitas air yang berada di dalam toilet. Untuk gejala penyakit tersebut biasanya ditandai dengan Nyeri dan bengkak pada area yang terinfeksi sakit kepala, demam, gangguan pernapasan, disorientasi, batuk, kejang, nyeri sendi dan timbul luka. Penyakit tersebut cenderung menyerang manusia dan hewan yang bersentuhan dengan air dan tanah yang telah terkontaminasi. Jika penyakit tersebut diabaikan maka akan beresiko menyebabkan berbagai macam penyakit serius seperti kanker, diabetes, paru-paru kronis, penyakit hati, dan penyakit ginjal.

Itulah beberapa penyakit yang dapat mengancam kesehatan anda jika tidak menjaga kebersihan toilet. Mulailah dari sekarang untuk selalu membersihkan toilet secara berkala agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri yang berada di dalam toilet.