Home Blog Inilah Ciri Toilet Umum yang Sehat dan Aman Digunakan

Inilah Ciri Toilet Umum yang Sehat dan Aman Digunakan

0
Inilah Ciri Toilet Umum yang Sehat dan Aman Digunakan

Jasa Sedot Wc Tangerang – Toilet umum kerap kali dinilai sebagai fasilitas umum yang cukup berbahaya karena beribu jenis kuman siap mengancam para pengguna toilet. Kuman dan bakteri yang terdiri dari partikel halus menyulitkan para pengguna untuk mengetahui apakah toilet dalam keadaan bersih atau kotor. Meskipun anda tidak dapat melihat kehadiran kuman dan bakteri di dalam toilet, namun anda masih bisa menilai toilet dari beberapa sudut pandang untuk memastikan bahwa toilet tersebut sehat dan aman untuk digunakan.

Berikut ini kami memiliki beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk memastikan apakah toilet umum tersebut sehat dan aman untuk digunakan.

 

  1. Tampilan Toilet

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa toilet yang sehat adalah toilet yang terlihat bersih kinclong dan tanpa kehadiran lumut atau kerak di dalamnya.

 

  1. Kualitas Air

Untuk memastikan toilet umum bersih dan sehat, anda bisa melihat kualitas air yang berada di dalam ruang toilet. Air yang sehat adalah air yang tidak memiliki warna, rasa dan bau. Jika anda menemukan toilet umum yang memiliki kualitas seperti yang telah dijelaskan tersebut maka kecil kemungkinan di dalam air tersebut mengandung kuman dan bakteri.

 

  1. Akses Cahaya yang Maksimal

Tahukah anda bahwa kuman dan bakteri berkembang biak membutuhkan tempat tempat yang lembab dan minim akan cahaya. Pastikan bahwa di dalam ruangan toilet memiliki ventilasi cahaya yang cukup untuk menekan tingkat kelembaban toilet agar kuman dan bakteri tidak dapat berkembang biak.

 

  1. Ventilasi Udara

Tidak hanya akses cahaya, toilet yang sehat dan aman untuk digunakan juga membutuhkan sirkulasi udara yang baik karena jika toilet minim akan sirkulasi udara maka besar kemungkinan banyak kuman dan bakteri yang mengendap di dalam ruangan. Ruangan yang minim ventilasi udara biasanya ditandai dengan adanya bau tidak sedap yang tercium saat memasuki ruangan toilet.

 

  1. Air yang Tergenang

Pastikan bahwa di dalam ruangan toilet tidak ada air yang tergenang pada bagian lantai karena jika di lantai terdapat air yang tergenang maka besar kemungkinan di lantai toilet tersimpan ribuan jenis kuman dan bakteri yang siap mengancam kesehatan.

Baca juga Tips Mendesain Ruang Toilet Mungil Agar Berfungsi Maksimal

  1. Bak Penampungan

Jika di dalam toilet tersebut menyediakan bak penampungan maka pastikan bahwa bak penampungan di dalam toilet tidak dipenuhi oleh jamur. Meskipun kualitas air sudah memenuhi standar kualitas air yang sehat namun jika bak penampungannya kotor maka pastinya akan percuma. 

Itulah beberapa ciri ciri toilet umum yang sehat dan aman untuk digunakan. Namun jika anda masih saja merasa khawatir akan kuman yang mengancam di dalam toilet umum, anda dapat menerapkan beberapa cara aman dalam menggunakan toilet umum. Salah satu cara terbaik dalam menggunakan toilet umum agar aman adalah dengan memanfaatkan cairan desinfektan untuk disemprotkan pada bagian bagian toilet yang mungkin menurut anda cukup berbahaya seperti gagang pintu, tempat duduk toilet, tombol flush dan lain sebagainya. Jika anda tidak memiliki cairan desinfektan, anda bisa memanfaatkan tisu sebagai media pelindung untuk melapisi tangan anda sebelum menyentuh bagian bagian di dalam toilet umum.

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan pada air yang mengalir dengan menggunakan sabun saat keluar dari dalam toilet untuk meminimalisir kemungkinan adanya kuman dan bakteri yang terpapar di tangan anda secara tidak sengaja selama berada di dalam toilet.