Home Blog Desain Kamar Mandi Bawah Tangga Kecil Nyaman dan Fungsional

Desain Kamar Mandi Bawah Tangga Kecil Nyaman dan Fungsional

0
Desain Kamar Mandi Bawah Tangga Kecil Nyaman dan Fungsional

Jasa Sedot Wc Jakarta – Memiliki ruang rumah yang sempit pastinya menuntut kita untuk menghemat dan memanfaatkan ruang sebaik mungkin. Penempatan ruang juga harus anda perhatikan, tempatkan ruang ruang pada tempat yang dapat membantu anda dalam menghemat penggunaan ruang, salah satunya seperti meletakan ruang toilet di bawah tangga.

Menempatkan ruang toilet di bawah tangga, bukanlah hal yang baru lagi karena sudah ada banyak orang yang menerapkan konsep tersebut, dan terutama bagi orang orang yang memiliki lahan pembangunan yang sempit. Membangun ruang toilet di bawah tangga tentunya membutuhkan konsep pembangunan yang dibuat secara teliti karena jika toilet dibangun dengan asal asalan tentunya akan membuat toilet terasa tidak nyaman dan tidak dapat berfungsi secara maksimal. Nah bagi anda yang ingin membangun ruang toilet di bawah tangga, berikut ini kami memiliki beberapa tips dalam mendesain ruang toilet di bawah tangga.

 

Perhatikan Ukuran

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan dalam membangun ruang toilet di bawah tangga adalah ukurannya. Ukuran yang tersedia di bawah tangga pastinya tidak seluas ruang yang tersedia di tempat lainnya. Perhatikan posisi atap toilet yang anda tempatkan di bawah tangga, pastikan bahwa posisi atap memenuhi standar tinggi atap toilet yang ideal yaitu mencapai 2,2 meter. 

Karena tangga akan menjadi atap pada pembangunan toilet, pastinya atap tidak akan rata atau akan miring. Tempatkan beberapa fasilitas di tempat yang tepat, misalnya kloset berada di ruang yang rendah dan tempat mandi berada di posisi yang yang tinggi. 

Gunakanlah furniture yang bersifat multifungsi agar anda tidak perlu memasukan berbagai macam furniture yang hanya akan menyita banyak ruang.

 

Ventilasi

Sama halnya dengan pembangunan ruang toilet pada ruang lainnya, ruang toilet sebaiknya dilengkapi dengan ventilasi. Untuk membangun ruang toilet yang nyaman, setidaknya anda harus menyediakan 2 bagian ventilasi yaitu ventilasi udara dan ventilasi cahaya. Kedua ventilasi tersebut tentunya memiliki fungsi dan peran yang berbeda beda, yang dimana ventilasi udara dapat meminimalisir mengendapnya aroma tidak sedap di dalam toilet, sementara ventilasi cahaya dapat menekan tingkat kelembaban di dalam ruang toilet sehingga tidak menjadi sarang kuman dan bakteri untuk berkembang biak.

 

Warna

Memang membangun ruang toilet di bawah tangga dapat memberikan kesan ruang yang sempit, namun anda bisa mendekorasi ruang agar terlihat luas yaitu dengan menggunakan warna warna yang bersifat kontras untuk memberikan kesan yang lapang. Pastikan bahwa anda tidak terlalu banyak menempatkan banyak warna di dalam ruang toilet anda, karena hal tersebut hanya akan memberikan kesan yang sesak.

 

Gunakan Media Penyimpanan yang Tepat

Di dalam ruang toilet pastinya anda membutuhkan ruang penyimpanan untuk menyimpan berbagai macam peralatan. Pilihlah ruang penyimpanan yang dapat menghemat penggunaan ruang seperti rak gantung, rak dinding, rak sudut dan lain sebagainya. sebagai rekomendasi, anda bisa memanfaatkan bagian belakang pintu untuk meletakan rak gantung agar tidak terlalu banyak menghabiskan tempat.

Baca juga Tips Membangun Ruang Toilet Untuk Melengkapi Rumah Idaman

Beralih ke Shower

Untuk menghemat penggunaan ruang, anda bisa menggunakan shower untuk melengkapi kebutuhan anda saat mandi ataupun aktivitas toilet.  Dengan menggunakan shower, pastinya anda dapat menyingkirkan bak penampungan air dalam ruang sehingga ruang pun terasa lebih luas.

Itulah beberapa tips mendesain ruang toilet di bawah tangga agar fungsional dan nyaman saat digunakan dan semoga dapat membantu dan memberikan anda solusi terbaik dalam membangun ruang toilet.