Home Blog Cara Mudah Menjaga Kebersihan Toilet Sekolah

Cara Mudah Menjaga Kebersihan Toilet Sekolah

0
Cara Mudah Menjaga Kebersihan Toilet Sekolah

Jasa Sedot Wc Jakarta – Sama halnya dengan toilet umum, toilet sekolah merupakan toilet yang rentan kotor dan bermasalah, apalagi jika siswa siswi yang masih anak anak pastinya fasilitas yang berada di dalam toilet akan sangat mudah kotor dan rusak.

Menjaga kebersihan dan fasilitas yang ada di dalam toilet sekolah memang cukup merepotkan, apalagi mengingat toilet sekolah yang selalu aktif tiap harinya pastinya membutuhkan tenaga extra untuk membersihkannya sesering mungkin. Agar menjaga kebersihan toilet dapat menjadi langkah yang mudah, anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

 

  1. Ajak siswa ikut serta

Mengajak siswa ikut serta dalam membersihkan toilet memang merupakan salah satu cara terbaik untuk mempersingkat waktu. Di sisi lain mengajak siswa untuk membersihkan toilet dapat menciptakan rasa kepedulian siswa akan kebersihan toilet. Untuk mengajar siswa ikut serta saat membersihkan toilet, sebaiknya pilihlah waktu dimana jam pelajaran kosong, atau mungkin anda dapat mengajak siswa menjelang jam pulang dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan hadiahkan kelompok yang dapat membersihkan toilet secara cepat dengan pulang lebih awal. 

 

2. Ajari siswa

Ajari siswa agar mengerti pentingnya menjaga kebersihan toilet dan buat siswa dan siswi untuk memahami dampak dampak dari toilet yang kotor agar mereka dapat bersemangat dan mau menjaga kebersihan dari toilet.

 

3. Sediakan tong sampah

Menyediakan tong sampah di area toilet memang terlihat hal yang sepele namun manfaat dari tong sampah yang tersedia di area toilet cukup ampuh dalam menjaga kebersihan toilet. Toilet sekolah yang tidak memiliki tong sampah pastinya akan sangat rentan kotor apalagi toilet yang digunakan oleh anak anak biasanya akan merasa gengsi jika membawa sampah dari dalam toilet, maka dari itu sebaiknya sediakan tong sampah di area toilet untuk membantu anak dalam menjaga kebersihan di area toilet.

Baca juga Alasan Mengapa Kebersihan Toilet Itu Penting

4. Memaksimalkan Ventilasi

Memaksimalkan ventilasi dalam sebuah toilet memang bukan merupakan gerakan kebersihan, namun dengan memaksimalkan ventilasi di area toilet dapat membantu dalam menjaga kebersihan toilet. Mengapa demikian.? Tentu saja dengan tersedianya ventilasi di area toilet, mampu menekan tingkat kelembaban toilet dan toilet pun akan selalu kering dan toilet kering merupakan toilet yang tidak akan mudah kotor dan tidak disukai kuman dan bakteri penyebab penyakit.

 

5. Berikan Himbauan Tertulis Pada Siswa

Selain mengajarkan dan menerapkan pelajaran tentang kebersihan toilet, anda bisa menerapkan himbauan tertulis pada bagian toilet atau di pintu masuk toilet. Tempelkan papan atau kertas yang bertulisan sebagai himbauan atau ajakan agar anak menjaga kebersihan toilet, seperti bersih pangkal sehat, sanksi yang kedapatan mengotori toilet, hukuman untuk pelanggar aturan, hadiah bagi yang melaporkan siswa yang melihat temannya mengotori toilet, dan himbauan lainnya. Buatlah kalimat yang sesederhana mungkin agar siswa dan siswi mudah mengerti dan memahami hal yang ingin anda sampaikan.

Itulah beberapa tips cara mudah menjaga toilet sekolah agar tetap bersih dan sehat agar tetap aman untuk siswa dan siswi anda selama menggunakan toilet. Namun jangan lupa juga untuk meningkatkan akses sanitasi di area toilet dengan menghadirkan beberapa fasilitas kesehatan salah satunya seperti wastafel atau tempat cuci tangan. Tempat cuci tangan sangatlah penting bagi kesehatan terutama untuk area toilet karena dengan tersedianya wastafel pastinya siswa siswi menjadi lebih mudah dalam menjaga kesehatan dan menghindari berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri yang bersarang di dalam toilet.