Home Blog Cara Memilih Keramik Kamar Mandi dan Toilet

Cara Memilih Keramik Kamar Mandi dan Toilet

0
Cara Memilih Keramik Kamar Mandi dan Toilet

Jasa Sedot Wc di Bogor dan Jakarta –  Keramik merupakan salah satu material bangunan yang kerap kali digunakan saat pembangunan sebuah bangunan. Dalam pembangunan toilet dan kaamr mandi, keberadaan keramik sangatlah dibutuhkan, baik untuk lantai maupun dinding dari toilet dan kamar mandi.

Keramik sudah sangat erat kaitannya dengan kamar mandi , dan bahkan keramik menjadi tema dasar dalam mendesain kamar mandi dan toilet. Pemilihan keramik untuk kamar mandi tentunya berbeda dengan pemilihan keramik untuk ruangan lainnya, karena kamar mandi dan toilet selalu berkaitan dengan air, maka pemilihan keramik untuk ruangan tersebut tidaklah sembarangan karena jika sembarangan dapat menyebabkan resiko terpeleset ketika memasuki ruangan kamar mandi.

Agar anda tidak salah dalam memilih keramik untuk kamar mandi dan toilet sebaiknya simak tips memilih keramik untuk kamar mandi dan toilet berikut ini.

Sebelum kita membahas mengenai cara pemilihan keramik untuk ruangan toilet dan kamar mandi, sebaiknya anda kenali dulu jenis kamar mandi dan toilet yang ada di rumah anda, apakah kamar mandi tersebut termasuk ke dalam jenis kamar mandi kering atau kamar mandi basah.

Kamar mandi atau toilet kering merupakan sebuah ruangan yang memiliki ventilasi udara dan cahaya yang maksimal sehingga ruangan tetap kering, sementara untuk kamar mandi dan toilet basah merupakan ruangan yang memiliki ventilasi udara dan cahaya yang minim, sehingga ruangan selalu basah.

Setelah anda memahami jenis toilet dan kamar mandi yang ada di rumah anda maka selanjutnya anda dapat memilih keramik yang sesuai untuk kamar mandi tersebut.

Dari kedua jenis kamar mandi dan toilet tersebut, pastinya sudah dapat disimpulkan bahwa keramik untuk kamar mandi yang basah sebaiknya memilih keramik yang bertekstur kasar, sementara untuk keramik kering bisa menggunakan keramik yang kasar dan juga setengah kasar.

Baca juga Cara Membedakan Wc Penuh dan Tersumbat

Untuk masalah ukuran keramik, sebaiknya anda memilih keramik yang berukuran kecil untuk ruangan toilet yang bersifat basah karena keramik yang kecil akan memberikan banyak cela nut yang akan berfungsi sebagai cela agar air lebih cepat mengalir, sementara untuk toilet yang bersifat kering, anda dapat menggunakan keramik yang berukuran besar agar desainnya dapat terlihat lebih maksimal. Namun  ukuran sebaiknya disesuaikan juga dengan luas ruangan ya, karena jika ruangan sempit, pemilihan keramik yang berukuran besar tidaklah dianjurkan karena dapat menyisahkan cukup banyak sisa potongan keramik yang akan terbuang sia sia.

Untuk warna keramik baik untuk toilet basah maupun kering, sebaiknya pilihlah warna keramik yang halus dan netral seperti cream, putih, abu abu, dan lain sebagainya. Pemilihan warna keramik yang bersifat netral dapat memudahkan anda untuk menyesuaikannya dengan warna warna peralatan yang ada di dalam kamar mandi maupun toilet agar dapat terlihat maksimal.

Warna keramik yang netral juga cocok untuk ruangan yang minimalis sehingga dengan mengguanakan keramik yang netral, akan memberikan pemandangan ruangan yang luas dan tidak sesak.

Agar keramik tidak mudah menguning dan berkerak, sebaiknya bersihkanlah kamar mandi secara berkala, minimal satu kali dalam seminggu dan gunakanlah cairan cairan pembersih khusus keramik agar warna dasar keramik tidak memudar sehingga tetap kinclong. Hindari membersihkan ruangan dengan menggunakan sikat besi karena sika bersih dapat membuat permukaan keramik tergores sehingga menjadi celah untuk kerak melekat pada ruangan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memilih keramik untuk ruangan kamar mandi maupun ruangan toilet.