Cara Membersihkan Kerak yang Membandel di Dalam Toilet

Cara Membersihkan Kerak yang Membandel di Dalam Toilet

Jasa Sedot Wc Di Bogor Dan Jakarta – Kerak merupakan salah satu jenis noda yang kerap kali di temukan di dalam toilet dan kamar mandi. Kerak merupakan debu debu atau kotoran yang menempel pada permukaan keramik toilet yang sudah cukup lama sehingga membentuk permukaan yang kasar pada lantai dan dinding toilet.

Kerak menjadi alasan bagi sebagian besar orang merasa malas membersihkan toilet, dikarenakan kerak merupakan noda yang dianggap paling membandel dan akan menguras cukup banyak tenaga untuk membersihkannya. 

Agar kerak tidak lagi menjadi masalah di dalam toilet, maka anda bisa menggunakan beberapa cara mudah membersihkan kerak yang membandel di dalam toilet dan kamar mandi dengan mudah. Lalu bagaimana caranya.? Sebelum memulai membersihkan kerak sebaiknya sediakan terlebih dahulu beberapa alat kebersihannya seperti

  1. Sarung tangan karet
  2. Masker
  3. Sikat
  4. Botol spray
  5. Lap Kering

Setelah peralatan peralatan tersebut sudah anda siapkan maka selanjutnya anda bisa memulai membersihkan kerak toilet dengan beberapa cara

  1. Menggunakan Cuka

Tidak hanya sebagai bahan dapur, cuka bisa digunakan untuk membersihkan kerak loh, caranya cukup mudah

  1. Masukan cuka ke dalam botol spray dengan takaran sesuai kebutuhan
  2. Keluarkan beberapa barang yang berada di dalam toilet atau kamar mandi agar proses pembersihan lebih mudah.
  3. Siram air panas ke permukaan lantai atau dinding tempat kerak menempel (jangan menyiram benda benda yang mudah meleleh)
  4. Setelah air panas sudah disiram maka semprotkan cuka ke permukaan tempat yang berkerak
  5. Diamkan kurang lebih 10 sampai 15 menit agar kerak dan air panas bekerja
  6. Sikat permukaan tadi dengan menggunakan sikat cuci atau sikat gigi tergantung tempatnya
  7. Bilas dengan air dan keringkan menggunakan lap microfiber untuk melihat hasil akhirnya.

Baca juga Alat Kebersihan Toilet Wajib Tersedia Beserta Fungsinya

  1. Kaporit

Bahan lain pembersih kerak yang dapat anda gunakan adalah kaporit. Untuk penggunaan kaporit hampir sama dengan cuka hanya saja cuka harus ditaburi. Agar lebih jelas simak penjelasan berikut

  1. Siram bagian toilet yang berkerak dengan menggunakan air mendidih
  2. Taburkan kaporit dan diamkan kurang lebih 30 menit
  3. Sikat permukaan tersebut, dan gunakanlah sedikit tenaga ketika menyikatnya untuk hasil yang maksimal
  4. Bilas dengan menggunakan air agar noda atau kerak yang terkelupas tadi dapat rontok.
  5. Keringkan untuk melihat hasilnya karena biasanya pemandangan keramik lantai atau dinding akan terlihat berbeda saat basah dan setelah kering.

 

  1. Asam Sitrat

Selain kaporit dan cuka, 3. Asam Sitrat juga dapat membasmi kerak yang membandel loh, cara penggunaannya pun cukup sederhana yaitu

  1. Sikat bagian lantai atau dinding yang berkerak dengan menggunakan batu apung dan air sabun, dengan tujuan agar noda noda yang melapisi kerak bisa luntur.
  2. Bilas dengan air sampai sabunnya hilang
  3. Setelah bagian lantai dan dinding yang berkerak basah, maka selanjutnya anda bisa menaburkan Asam Sitrat dan diamkan selama 1 jam.
  4. Sikat dan bilas untuk melihat hasil akhirnya. Jika hasilnya belum maksimal dan masih jauh dari harapan maka anda dapat mengulangi langkah langkah tersebut sampai memperoleh hasil yang sesuai dengan apa yang telah anda harapkan.

Dari beberapa cara tersebut, manakah cara yang menjadi pilihan anda.? apapun caranya asalkan dilakukan dengan tepat pasti akan memberikan hasil yang maksimal.