Cara Aman Menggunakan Kloset Duduk Yang Benar Di Tempat Umum

Cara Aman Menggunakan Kloset Duduk Yang Benar Di Tempat Umum

Jasa Sedot Wc Bintaro Terbaik – Secara umum, kloset terdiri dari dua jenis yaitu kloset duduk dan kloset jongkok, namun untuk kloset jongkok kini sudah sangat jarang sekali kita lihat karena kebanyakan orang cenderung lebih senang menggunakan kloset duduk dibandingkan dengan kloset jongkok sehingga tidak heran jika di tempat umum kebanyakan menggunakan kloset duduk. 

Sebagian orang yang menggunakan kloset duduk di tempat umum merasa kurang nyaman dikarenakan menggunakan kloset duduk membuat kulit kita bersentuhan secara langsung dengan kloset saat menggunakannya dan hal tersebut bisa saja membuat kita terpapar oleh kuman. Untuk menghindari hal tersebut anda dapat mengikuti beberapa cara aman untuk menggunakan kloset duduk di tempat umum seperti

 

Periksa Bagian Toilet

Saat anda masuk ke dalam toilet umum dan akan menggunakan kloset maka sebaiknya anda memeriksa bagian bagian peralatan atau perlengkapan toilet terlebih dahulu, apakah saluran air berjalan dengan lancar dengan mencoba menekan tombol flush dan juga pastikan bahwa toilet tidak tersumbat agar ketika anda menggunakan toilet berjalan dengan lancar terutama bagi anda yang akan BAB.

 

Bersihkan Bagian Tempat Duduk Pada Kloset

Sebelum anda menggunakan kloset umum sebaiknya anda membersihkan permukaan tempat duduk pada kloset dengan tujuan agar kotoran kotoran yang menempel pada bagian lumbang tempat duduk pada kloset menjadi bersih. Untuk membersihkan bagian kloset sebelum digunakan, anda dapat menggunakan tisu yang diberikan cairan pembersih yang biasanya disediakan di toilet toilet umum.

 

Lapisi Bagian Tempat Duduk

Jika cairan pembersih di toilet tidak tersedia maka anda dapat menggunakan cara kedua, yaitu dengan melapisi bagian tempat duduk kloset dengan tisu agar kulit anda tidak bersentuhan langsung dengan kloset duduk agar tidak terpapar kuman atau bakteri.

 

Jangan Menggunakan Kloset Duduk Dengan Cara Jongkok

Menggunakan toilet duduk dengan cara jongkok bukanlah solusi yang tepat karena dapat beresiko anda akan terjatuh yang disebabkan pada bagian bagian kloset bersifat licin.

Baca juga Cara Membersihkan Lantai Toilet Yang Kuning

 

Gunakan Tisu Saat Menggunakan Peralatan toilet di Tempat Umum

Demi menjaga kesehatan sebaiknya anda menggunakan tisu untuk melapisi tangan anda saat hendak menggunakan peralatan peralatan di toilet umum, terutama pada bagian bagian atau peralatan kloset yang seringkali tersentuh.

 

Tutup Kloset Sebelum Menekan Tombol Flush

Menutup kloset saat menekan tombol flush juga anda perhatikan dalam penggunaan kloset umum karena selain untuk membersihkan kotoran anda juga menjaga kemungkinan bakteri akan terbang keluar saat anda menekan tombol flush.

 

Cuci Tangan Dengan Sabun

Setelah anda menggunakan toilet umum maka sebaiknya anda mencuci tangan anda dengan sabun dengan tujuan membersihkan bakteri atau virus yang menempel pada tangan anda saat anda lupa telah menyentuh peralatan toilet secara tidak sengaja. Cucilah tangan pada air yang mengalir agar kuman atau bakteri yang ada di tangan anda dapat mengalir terbawa oleh air. Jika di toilet tidak tersedia air dan sabun untuk mencuci tangan maka anda dapat menggunakan hand sanitizer setelah anda tiba di luar toilet.

 

Keringkan Tangan

Mengeringkan tangan setelah cuci tangan juga merupakan hal terpenting setelah menggunakan kloset atau media media umum lainnya karena jika tangan anda dibiarkan basah dan menyentuh sesuatu maka kotoran yang berada di tempat tersebut akan mudah menempel pada tangan yang dalam keadaan basah.

Seperti itulah cara aman menggunakan kloset atau toilet umum agar terhindar dari bakteri ataupun virus yang mengintai anda. Selalu jaga kebersihan anda agar anda dan keluarga terhindar dari virus dan bakteri.