Cara Aman Mengajarkan Anak Untuk Buang Air Kecil Di Toilet Umum

Cara Aman Mengajarkan Anak Untuk Buang Air Kecil Di Toilet Umum

Jasa Sedot Wc Di Bogor Dan Jakarta – Mengajak anak untuk jalan jalan atau berkunjung ke tempat umum pastikan bahwa anda sudah menyediakan berbagai perlengkapan yang akan anda butuhkan saat anak anda ingin buang air besar ataupun buang air kecil. Mengingat usia anak yang belum mampu menggunakan toilet umum dengan baik dan benar berdasarkan prosedur yang diberikan oleh para ahli kesehatan tentunya mengharuskan anda ikut serta masuk dengan anak anda ke dalam toilet.

Mengingat toilet umum yang tidak terjamin kebersihannya tentunya akan membuat anda merasa khawatir jika anak anda terpapar bakteri atau kuman yang bersarang di dalam toilet umum. Agar anak anda terbebas dari serangan bakteri dan kuman yang dapat mengancam kesehatan anak anda maka berikut ini cara aman mengajarkan anak untuk buang air kecil ataupun buang air besar di tempat umum dengan cara aman.

  1. Pilihlah toilet umum yang memiliki petugas kebersihannya (cleaning service) karena biasanya toilet umum usai digunakan akan selalu dibersihkan oleh petugas kebersihan toilet umum.
  2. Pilihlah toilet yang terletak paling dekat dengan pintu masuk karena sebagian banyak orang yang menggunakan toilet umum biasanya lebih memilih toilet yang berada di tempat paling belakang untuk melakukan Buang Air Besar.
  3. ketika hendak menggunakan toilet, anda dapat mengajarkan anak anda untuk menggunakan tisu untuk menyentuh bagian bagian toilet agar terbebas dari bakteri atau kuman yang berkemungkinan berada di bagian bagian toilet. Jika ingin praktis, anda dapat menyediakan sanitizer untuk menyemprot bagian bagian toilet yang akan disentuh.
  4. Sebelum menggunakan toilet umum sebaiknya bilaslah kloset terlebih dahulu untuk menghindari sisa sisa kotoran atau urine yang menempel di bagian kloset. Sebelum membilasnya pastikan bahwa kloset dalam keadaan tertutup untuk menghindari bakteri tersebar ke udara di dalam ruangan.
  5. Jika menggunakan toilet duduk, anda dapat membersihkan area tempat duduk toilet terlebih daulu, bisa menggunakan obat antiseptik khusus kloset yang banyak dijual di minimarket. Jika anda tidak memiliki obat antiseptik khusus kloset, anda dapat menggunakan tisu basah dengan cara mengusap bagian kloset tempat duduk dan kemudian menggunakan toilet kering untuk mengeringkannya.
  6. Jika ingin membersihkan tangan atau bagian tubuh, dibersihkan dengan menggunakan air yang mengalir dan kemudian keringkan dengan menggunakan tisu. Hindari membuang bekas tisu ke dalam lubang kloset karena hal tersebut dapat membuat saluran pembuangan jadi tersumbat.
  7. Ajarkan anak anda untuk selalu mencuci tangan saat keluar dari toilet. Anda dapat mengajak anak anda untuk mencuci tangan di wastafel yang tersedia di area toilet. Sebelum menggunakan wastafel pastikan bahwa bagian kran tidak langsung tersentuh dengan kulit, anda dapat menggunakan tisu sebagai alat bantu untuk menghidupkan kran wastafel. Saat mencuci tangan, pastikan juga menggunakan sabun ya, agar sabun dapat membunuh bakteri ataupun virus yang terpapar secara tidak sengaja.
  8. Hal terpenting sebelum menggunakan toilet umum pastikan bahwa anda terhindari dari pengawasan karena beberapa kasus toilet umum seringkali mendapati seseorang yang sedang mengintip pengunjung atau pengguna toilet. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan bahwa pintu toilet tertutup dengan rapat dan dapat dikunci dengan baik. Perhatikan setiap sudut ruangan toilet bahwa tidak ada bagian bagian yang mencurigakan, jika anda merasa ada yang mencurigakan, silahkan untuk berpindah ke ruangan lainnya.

Itulah tips cara aman mengajarkan anak untuk buang air kecil ataupun buang air besar di toilet umum agar tetap aman dan terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa baca juga Bagaimana Cara Seorang Ayah Mengantar Anak Perempuannya Ke Toilet Umum