Bimbing dan Ajari Putra Anda Untuk Menggunakan Toilet Umum Yang Baik dan Benar

Bimbing dan Ajari Putra Anda Untuk Menggunakan Toilet Umum Yang Baik dan Benar

Jasa Sedot Wc Di Bogor Dan Jakarta – Pernahkah anda mengajak putra anda untuk jalan jalan ke mall atau tempat tempat umum lainnya dan kemudian putra anda berkata, “Ma kebelet pengen ke toilet”, tentu saja hal tersebut membuat anda merasa kebingungan kemana anda akan mengajaknya apakah ke toilet perempuan atau ke toilet laki laki. Mengajaknya ke toilet perempuan tentunya tidak mungkin jika mengingat usia anak anda sudah tumbuh menjadi perjaka cilik, tentunya akan mempengaruhi pikiran anak anda saat melihat orang orang yang sedang beraktivitas di dalam toilet perempuan, namun sementara jika anda mengajaknya ke toilet laki laki tentunya tidak akan nyaman bagi anda jika harus berhadapan langsung dengan para laki laki yang sedang buang air kecil di urinoir toilet umum. 

Melalui kesempatan tersebut, anda dapat membimbing dan mengajarkan anak anda agar lebih mandiri dan menggunakan toilet umum dengan cara yang tepat. Berikut ini beberapa tips yang baik dalam mengajarkan anak untuk menggunakan toilet umum yang baik dan benar.

 

  • Tanamkan Keberanian Pada Anak

Jika anak anda merasa ragu untuk pergi ke toilet umum sendiri, maka yakinkan kepada dirinya bahwa anda akan mengawasinya dari pintu masuk. Katakan padanya bahwa anda tidak akan meninggalkannya sampai ia selesai.

 

  • Beri Solusi

Biasanya seorang anak biasanya akan merasa takut saat menutup dan mengunci pintu karena khawatir pintu tidak akan bisa dibukanya. Jika anak anda demikian maka berilah solusi pada anak anda agar cukup menutup pintu saja jangan menguncinya. Orang orang yang akan menggunakan toilet juga pasti akan tahu bahwa toilet tersebut sedang digunakan meskipun tidak mengunci pintu.

 

  • Sediakan Segala Kebutuhan Di Dalam Toilet

Pastikan bahwa anda sudah membekali anak anda dengan tisu basah untuk diletakkan pada toilet duduk sebelum menggunakannya agar kuman yang berada di toilet tidak terpapar kepada anak anda. Jika anda tidak memiliki tisu basah maka anda dapat membekalinya dengan sanitizer untuk disemprotkan ke area tempat duduk toilet.

Baca juga Masalah Sanitasi di Toilet Sekolah Anak

 

  • Ajarkan Kebiasaan Hidup Sehat

Ajarkan anak anda untuk selalu membilas toilet saat selesai digunakan, dan yang terpenting ajarkan anak anda untuk membiasakan diri mencuci tangan pada wastafel atau tempat cuci tangan yang disediakan pada area toilet, dan pastikan bahwa anak anda juga menggunakan sabun untuk mencuci tangan agar kuman kuman yang menempel di tangan tidak masuk ke dalam tubuh anak anda.

 

  • Budayakan Kebiasaan Mengantri

Ajarkan kepada anak anda untuk selalu memastikan bahwa di balik bilik toilet tidak ada orang yang sedang menggunakan toilet. Jika di balik bilik ada seseorang yang sedang menggunakan toilet maka mintalah kepadanya untuk menunggu giliran menggunakan toilet.

 

  • Minta Bantuan Ke Pengurus Toilet

Jika di area toilet umum yang akan digunakan anak anda ada pengurus toiletnya maka mintalah bantuan kepada petugas tersebut untuk mengawasi anak anda selama berada di dalam toilet umum. Jika perlu mintalah petugas untuk membimbing anak anda saat masuk dan keluar dari toilet.

Itulah beberapa tips dalam mengajarkan anak untuk menggunakan toilet umum yang baik dan benar dan semoga dapat membantu dalam membimbing anak anda untuk menggunakan segala jenis fasilitas umum yang baik dan benar agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan terutama serangan virus dan bakteri yang bersarang di toilet umum.