4 Tips Efektif Agar Si Kecil Cepat Lulus Toilet Training

4 Tips Efektif Agar Si Kecil Cepat Lulus Toilet Training

Jasa Sedot Wc Di Bogor Dan Jakarta – Toilet training atau mengajari anak untuk membiasakan diri dalam menggunakan toilet merupakan masa dimana terkadang membuat banyak orang tua merasa frustasi karena penerapan toilet training bukanlah hal yang mudah, mengingat anak yang masih labil dan belum sempurna dalam memahami segala hal yang diajarkan yang ditambah lagi proses toilet training pastinya akan memakan waktu yang cukup lama.

Hal tersebut sebenarnya bukanlah hal yang sulit, asalkan anda sudah menerapkannya dengan cara yang tepat dan menghindari berbagai macam hal yang menyebabkan toilet training menjadi terhambat. Berikut ini ada beberapa tips toilet training yang cukup efektif membuat anak menjadi lebih cepat lulus toilet training.

  1. Singkirkan Semua Benda atau Hal yang Mengalihkan Perhatian

Luangkan waktu anda sejenak untuk mengajarkan dan membiasakan anak anda dengan aktivitas di dalam toilet agar anak anda mudah mengerti apa tujuan sebenarnya dari toilet training. Jika saat di dalam toilet, perhatian anak anda teralih ke suatu benda atau hal lainnya, maka singkirkan benda tersebut karena anak yang kurang fokus saat diajarkan sesuatu tentunya akan sulit pula untuk mengerti.

  1. Singkirkan Popoknya

Memutuskan untuk anak tidak menggunakan popok lagi merupakan hal yang cukup sulit untuk dihadapi oleh para orang tua, namun meskipun sulit, anggaplah hal tersebut sebagai kewajiban dan tanggung jawab anda demi kebaikan anak anda. Anak yang sudah tidak menggunakan popok lagi biasanya akan merasa sangat tidak nyaman saat BAB atau BAK di celananya, sehingga lama kelamaan anak akan merasa bahwa ia membutuhkan toilet untuk membersihkan dirinya dari kotoran yang membuatnya merasa terganggu. 

Baca juga 5 Masalah Toilet Training Ini Sering Terjadi

  1. Hindari Segala yang Menakuti Anak

Mengingat rasa takut anak lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa tidak mengecilkan kemungkinan anak anda merasa takut saat menerapkan toilet training. Jika di dalam toilet terdapat benda benda atau binatang hama yang membuat anak anda merasa takut, maka hindari benda benda atau hama tersebut karena anak yang merasa takut sudah pasti tidak akan mau mengikuti toilet training. Pastikan juga bahwa cahaya di dalam toilet anda cukup terang terutama saat malam hari karena cahaya yang remang biasanya menjadi penyebab anak menolak untuk diajak ke dalam toilet saat malam hari dan hal tersebut merupakan suatu hal yang cukup sulit untuk diungkapkan anak anda.

  1. Selalu Ingatkan Si Kecil Bila Ingin BAB ataupun BAK

Untuk menunjang keberhasilan lebih cepat dalam penerapan toilet training, ingatkanlah anak anda sesering mungkin untuk memberitahukan kepada anda saat hendak ingin Buang Air Besar ataupun Buang Air Kecil. Pastikan bahwa anda mengingatkannya bukan memberitahukannya ya, karena memberitahukan dan mengingatkan memiliki dampak yang berbeda. Semakin sering anda menginginkannya maka akan semakin mudah pula anak anda untuk mengerti akan dari tujuan anda tersebut.

Itulah 3 tips yang cukup efektif dalam menunjang keberhasilan toilet training dengan cepat. Jika anak anda melakukan kesalahan atau anak anda mengalami masalah selama toilet training, berilah pengarahan dengan lembut dan halus, jangan marahi anak karena jika anda memarahinya hanya akan membuat anak anda merasa tertekan sehingga proses toilet training pun membutuhkan waktu yang lebih lama.

Saat menerapkan toilet training, pastikan bahwa keadaan toilet anda bersih dan aman dari bakteri dan kuman, agar kesehatan anak anda selama menerapkan toilet training tidak terganggu dan keberhasilan toilet training pun dapat tercapai dalam waktu singkat.