Home Blog 10 Ciri Toilet Sekolah yang Sehat

10 Ciri Toilet Sekolah yang Sehat

0
10 Ciri Toilet Sekolah yang Sehat

Jasa Sedot Wc Jakarta – Sama halnya dengan toilet umum, toilet sekolah merupakan salah satu toilet paling mudah kotor dan menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat menularkan berbagai macam jenis penyakit. Maka dari itu kebersihan toilet sekolah sangatlah penting untuk diperhatikan, tidak hanya dari tampilan ruangan saja karena ada berbagai macam hal yang harus benar benar diperhatikan dalam menciptakan toilet sekolah yang dan sehat.

Untuk membantu anda dalam menciptakan toilet yang bersih dan sehat, berikut ini kami akan berbagi beberapa informasi terkait dengan ciri ciri toilet sekolah yang sehat dan harus anda penuhi. Apa saja ciri ciri tersebut.? Mari kita simak sama sama.

  1. Tersedia Air Bersih

Jangan mengabaikan kualitas air yang tersedia di dalam toilet yang meskipun air tersebut hanya digunakan untuk membersihkan kotoran, namun jika air di dalam toilet sekolah tidak bersih maka beresiko di dalam air terkandung kuman dan bakteri. Untuk ciri ciri dari air yang bersih dan bagus untuk toilet adalah air yang tidak memiliki bau, warna dan rasa.

 

2. Cukup Cahaya

Pastikan setiap ruang toilet difasilitasi dengan ventilasi cahaya karena toilet yang tidak memiliki ventilasi cahaya maka toilet akan cenderung lembab, sementara kuman dan bakteri membutuhkan tempat yang lembab untuk bekmebang biak seperti toilet.

 

3. Memiliki Ventilasi Udara

Selain ventilasi cahaya, pastikan juga bahwa ventilasi udara tersedia di ruangan toilet, dengan adanya ventilasi udara tentunya kualitas udara di dalam toilet terjaga. Di sisi lain, adanya ventilasi udara dapat meminimalisir pengendapan aroma tidak sedap di dalam toilet.

 

4. Lubang Toilet Harus Berada Minimal 10 Meter Dari Sumber Air

Pastikan bahwa lubang toilet atau lokasi safety tank tidak terlalu dekat dengan sumber mata air karena jika terlalu dekat dapat beresiko air akan tercemar.

 

5. Dinding dan Atap Harus Dalam Kondisi Bersih

Selain bagian lantai, anda juga harus memperhatikan bagian dinding dan lantai agar ruangan toilet dapat memenuhi kriteria toilet sekolah yang bersih dan sehat.

 

6. Lubang Toilet Bersih dari Sisa-Sisa Kotoran

Setiap toilet selesai digunakan, pastikan bahwa toilet sudah benar benar dibilas dengan baik karena jika toilet atau kloset memiliki sisa kotoran yang tidak terbilas bisa menjadi sumber kuman dan bakteri penyebab penyakit.

 

7. Dinding Bak Penampungan yang Bersih

Pastikan bahwa bak penampungan air yang ada di dalam ruang toilet dibersihkan dan dikuras secara berkala karena jika terlalu lama dibiarkan maka bak penampungan bisa menjadi tempat nyamuk untuk menebarkan telurnya yang bisa mengancam kesehatan.

 

8. Toilet Kering dan Tidak Ada Air Yang Tergenang Di Lantai

Pastikan bahwa lantai toilet tidak kotor dan digenangi air untuk menekan pertumbuhan jamur, kerak, kuman dan bakteri.

Baca juga 7 Panduan Memilih Kloset Untuk Kamar Mandi

9. Aliran Pembuangan Air yang Lancar

Aliran air yang tidak lancar atau tersebut dapat mengakibatkan air merembes ke saluran atau sumber mata air yang pastinya dapat merusak kualitas air yang berada di dalam toilet.

 

10. Kebersihan yang Selalu Dijaga Bersama-Sama

Pastikan bahwa setiap pengguna toilet, baik guru , mired ataupun petugas kebersihan sekolah selalu menjaga toilet agar tetap bersih dengan cara tidak membuat sampah dan menggunakan toilet dengan sembarangan. Jika perlu terapkan pelajaran di area sekolah tentang pentingnya kebersihan toilet.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini dan semoga dapat bermanfaat dan membantu kita sama sama dalam mebangun dan menciptakan toilet yang bersih dan sehat di area sekolah.